5 Tips Merawat Rambut bagi Hijabers Selama Karantina

Phooby Kamaratih - Tutorial Hijab 27/05/2020
Photo by Danang from Pexels
Photo by Danang from Pexels

Oase.id– Sudah lebih dari 2 bulan masyarakat Indonesia menaati anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah demi memutuskan rantai penyebaran virus korona (Covid-19). Tapi, bagi para hijabers, momentum karantina sebenarnya bisa juga dimanfaatkan untuk memperbaiki rambut dan membiarkannya tetap sehat.

Dilansir dari Masho, berikut adalah tips merawat rambut selama karantina untuk kamu para hijabers;

 

Gaya rambut

Selama di rumah, para wanita hijab bisa membiarkan rambut terbuka dan bernapas mendapatkan udara segar. Selama ini pemakain jilbab mengharuskan untuk mengikat rambut selama berjam-jam di setiap hari, hal ini akan menyebabkan masalah pada rambut.

Memilih gaya rambut selama karantina menjadi solusi untuk memperbaiki dan mencegah kerontokan pada rambut.

Baca: 4 Hal yang Mesti Kamu Lakukan Setelah Menyantap Hidangan Lebaran Berlemak

 

Relaksasi kulit kepala

Dengan memijat kulit kepala setiap hari selama 15 menit sebelum tidur diklaim mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menyebabkan pertumbuhan rambut lebih sehat. 

Gunakan serum saat memijat kepala untuk menambahkan khasiat kesehatan pada rambut.

 

Perbaiki ujung rambut

Bagi hijabers yang memiliki rambut bercabang, masa karantina menjadi waktu yang pas untuk memperbaiki ujung rambut dengan cara memangkasnya. 

Memangkas rambut menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan pertumbuhan rambut yang sehat dari akar hingga ujung.

Baca: Tips Belanja Kebutuhan Lebaran saat Pandemi Covid-19

 

Penggunaan minyak rambut

Minyak zaitun dan minyak kelapa bisa menjadi bagian dari perawatan rambut di rumah. Khasiat dua minyak tersebut bisa membantu meningkatkan volume dan memperkuat akar rambut. 

Cara melakukan perawatan ini cukup mudah. Yakni, panaskan minyak zaitun atau kelapa dalam api kecil selama 2 menit, lalu oleskan dari kulit kepala ke ujung rambut kamu. 

Pijat selama 15 menit dan biarkan selama 2 jam. Kemudian bilas rambut dengan sampo dan kondisioner ringan.

 

Resep rumahan perawatan rambut

Campurkan lemon dan minyak kelapa/zaitun, oleskan pada rambut, dan didiamkan selama 30-45 menit dan bilas menggunakan sampo. 

Perawatan ini akan mendorong pertumbuhan rambut cepat secara alami dan mengurangi kulit kepala yang gatal dan menghilangkan ketombe.


(SBH)