4 Hal yang Mesti Kamu Lakukan Setelah Menyantap Hidangan Lebaran Berlemak

Phooby Kamaratih - Kesehatan 24/05/2020
Photo by Ismed from Pixabay
Photo by Ismed from Pixabay

Oase.id– Salah satu kekhasan tradisi masyarakat Muslim Asia Tenggara, termasuk Indonesia saat menyambut Idulfitri adalah dengan menyajikan aneka hidangan yang mengandung lemak. Sebut saja, opor ayam, rendang, dan lainnya.

Akan tetapi, kenikmatan yang bisa dirasakan saat menyantapnya, sangat mungkin akan mengganggu proses diet yang sedang kamu rancang dan jalankan. Makanan-makanan tersebut disinyalir bisa dengan cepat menambah berat badan akibat banyaknya kandungan lemak di dalamnya. 

Baca: WhatsApp Sudah Bisa Video Call hingga 8 Orang, Begini Caranya!

 

Dilansir dari HealthLine, lemak, sebenarnya bisa digugurkan hanya dengan olahraga ringan. Nah, berikut adalah 4 jenis olah tubuh ringan yang bisa kamu lakukan selepas menyantap aneka hidangan Lebaran berlemak;

 

Jogging 

Ahli bidang nutrition and dietetics di University of Auckland Ryan Raman menjelaskan, jogging merupakan salah satu latihan yang bagus untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara mudah dan di mana saja dengan memasukannya ke dalam rutinitas mingguan.

Cobalah melakukan setidaknya lari kecil selama 20-30 menit sebanyak 3 sampai 4 kali dalam per minggunya.

 

"Sebuah penelitian menunjukan bahwa jogging dapat membantu membakar lemak visceral, yang umumnya dikenal sebagai lemak perut, lemak ini yang akan menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes," kata Raman.

 

Bersepeda

Selain dapat menurunkan berat badan, bersepeda juga mampu meningkatkan kebugaran. Bersepeda bisa dilakukan berkeliling kompleks maupun tetap di dalam ruangan dengan menggunakan sepeda stasioner.

"Bersepeda dengan teratur juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung," kata Raman.

 

Berenang

Olahraga yang menyenangkan sekaligus dapat menurunkan berat badan adalah berenang. Berenang selama 30 menit dipastikan bisa membakar 298–409 kalori. 

Sebuah studi Effect of Regular Swimming Exercise on the Physical Composition, Strength, and Blood Lipid of Middle-Aged Women menunjukan, berenang selama 60 menit dan dilakukan sebanyak 3 kali per minggu bisa memberikan efek penurunan berat badan dan mengurangi faktor risiko penyakit kolesterol maupun trigliserida darah.

"Selain itu, berenang juga menjadi pilihan untuk pemulihan cedera atau nyeri sendiri," jelas Raman.

Baca: Tips Belanja Kebutuhan Lebaran saat Pandemi Covid-19

 

Yoga

Olahraga yoga mampu membakar banyak kalori yang akan mendorong penurunan berat badan. Dengan melakukan yoga selama 30 menit setiap hari, maka akan ada sebanyak 149 kalori yang terbakar.

Sebuah studi Yoga in Women With Abdominal Obesityߞa Randomized Controlled Trial menjelaskan, dalam 12 minggu pada 60 wanita dengan obesitas yang melakukan dua sesi yoga 90 menit per minggu mengalami pengurangan lingkar pinggang dengan rata-rata 1,5 inci atau 3,8 cm.


(SBH)
TAGs: Kesehatan