Tips Belanja Kebutuhan Lebaran saat Pandemi Covid-19

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 20/05/2020
Photo by Diego García on Unsplash
Photo by Diego García on Unsplash

Oase.id- Hari Lebaran kian mendekat, tapi pandemi korona (Covid-19) belum juga ada tanda-tanda lenyap.

Sebagaimana telah banyak dianjurkan, cara memerangi wabah ini di antaranya adalah dengan menjauhi kerumunan dan saling jaga jarak antara satu dan yang lainnya. Lebih tepat lagi, masyarakat diimbau agar mengalihkan dan memusatkan kegiatannya di rumah.

Sayangnya, tidak semua bisa diremot sembari rebahan di rumah. Salah satunya adalah berbelanja demi memenuhi kebutuhan jelang hari raya Idulfitri tiba.

Dilansir dari Health Cleveland Clinic, dokter spesialis penyakit menular Frank Esper membagikan tips untuk berbelanja dengan aman selama pandemi Covid-19, terutama bagi kamu yang merasa berbelanja online bukan jawaban yang dibutuhkan;

 

Batasi jumlah kunjungan

Apapun yang diinginkan, kita harus tetap membatasi seberapa sering berkunjung ke pasar atau swalayan. Gunakan kunjungan dan waktu kamu secara bijak dengan cara membeli barang-barang prioritas, penting, dan memang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Jangan pernah tergoda bergerak hanya karena promo diskon atau yang lainnya pada barang yang sebenarnya belum tentu kamu butuhkan. 

Baca: Tetap Harus ke Pasar di saat Pandemi? Baca Doa Ini agar Tetap Terlindungi

 

Gunakan masker

Mengenakan masker dapat melindungi kamu dan orang lain agar tidak terpapar virus Covid-19. Sebuah studi menunjukkan, seseorang bisa menyebarkan virus ke orang lain tanpa memperlihatkan gejala. 

Pakailah masker ketika kamu terpaksa harus berbelanja langsung di pasar atau mal. Upayakan juga agar selalu menjaga jarak aman selama berbelanja. 

 

Jangan menyentuh wajah

Mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus ini. Oleh karena itu, mencuci tangan sebelum masuk dan sesudah keluar toko menjadi hal yang wajib agar tidak tertular korona. 

Tapi ternyata mencuci tangan pun belum dianggap cukup. Kamu, harus benar-benar menahan dan menghindari tanganmu menyentuh bagian wajah yang merupakan media paling sensitif dalam proses penyebaran virus Covid-19. 

 

Baca: Waspada Penipuan Online Selama Pandemi, Baca Doa Ini saat Berjual Beli

 

Batasi memilih barang

Masa pandemi bukanlah saat yang tepat untuk berlama-lama memilah produk yang akan dibeli. 

Cukup perhatikan barang-barang yang ingin kamu beli dan cobalah hanya menyentuh benda yang memang benar-benar kamu butuhkan.


Efisien

Sebelum berbelanja, buatlah list belanjaan yang dibutuhkan di rumah. 

Dengan cara ini, kamu tidak akan tergoda untuk menjajaki barang lain saat berbelanja.

Fokuskan berbelanja pada barang-barang yang telah tertulis di daftar. Hal ini juga bisa memangkas waktu belanja yang juga merupakan bagian dari cara melawan Covid-19, yakni, menghindari tempat-tempat umum dan keramaian. 


(SBH)