Qatar Akan Mengizinkan Penerbangan Langsung dari Israel untuk Piala Dunia 2022

N Zaid - Wisata Kuliner Piala Dunia 2022 11/11/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Pendukung Israel dan Palestina akan dapat mengambil penerbangan charter langsung antara Israel dan Qatar untuk menyaksikan Piala Dunia 2022. FIFA yang menyampaikan pengumuman itu, Kamis (10/11) mengatakan penerbangan akan beroperasi "sementara" antara kedua negara, yang tidak memiliki hubungan diplomatik.

FIFA mengatakan penerbangan akan disewa oleh maskapai yang namanya belum ditentukan tetapi "sudah memiliki hak mendarat di Qatar".

"Kami senang bahwa kesepakatan telah dicapai untuk penggemar Israel dan Palestina untuk mengunjungi Qatar dan menghadiri pertandingan selama Piala Dunia FIFA," kata presiden badan sepak bola dunia, Gianni Infantino, seperti dikutip Middleeasteye, Kamis (10/11).

"Dengan kesepakatan ini, warga Israel dan Palestina akan dapat terbang bersama dan menikmati sepak bola bersama."

Menurut sumber diplomatik yang dikutip oleh AFP, lebih dari 10.000 penggemar Israel dan Palestina memiliki tiket.

Meskipun sejumlah tetangga Teluk Qatar telah menjalin hubungan resmi dengan Israel dalam beberapa tahun terakhir, negara itu sejauh ini tidak mengikutinya, meskipun telah ada hubungan tidak resmi selama bertahun-tahun.

Alon Ushpiz, direktur jenderal kementerian luar negeri Israel, menyambut baik langkah tersebut dan mengatakan Israel telah "mengamankan semua jaminan, termasuk akses ke layanan konsuler bagi warga Israel selama mereka tinggal di Qatar", menurut Jerusalem Post.

Untuk bagiannya, Qatar mengatakan langkah itu menunjukkan "menghormati kebijakan FIFA dan persyaratan tuan rumah termasuk hak setiap orang untuk menghadiri pertandingan".

"Ini juga termasuk persyaratan bahwa pemegang tiket dan media Palestina dapat melakukan perjalanan dengan penerbangan carteran ini tanpa batasan karena mereka memiliki hak yang sama untuk menikmati turnamen, yang dibuat istimewa karena menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di dunia Arab dan Muslim," kata juru bicara Piala Dunia Qatar, menurut Jerusalem Post.


(ACF)