6 Manfaat Susu Unta yang mengejutkan

N Zaid - 06/11/2022
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Oase.id - Selama berabad-abad, susu unta telah menjadi sumber nutrisi penting bagi budaya nomaden di lingkungan yang keras seperti gurun.

Sekarang diproduksi dan dijual secara komersial di banyak negara, serta tersedia online dalam versi bubuk dan beku.

Dengan susu sapi dan berbagai susu nabati dan hewani yang siap Anda gunakan, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa beberapa orang memilih susu unta.

Berikut adalah 6 manfaat susu unta — dan 3 kerugiannya

1. Kaya nutrisi
Susu unta kaya akan banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Dalam hal kandungan kalori, protein, dan karbohidrat, susu unta sebanding dengan susu sapi utuh. Namun, lebih rendah lemak jenuh dan menawarkan lebih banyak vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, dan kalium.

Ini juga merupakan sumber lemak sehat yang baik, seperti asam lemak rantai panjang, asam linoleat, dan asam lemak tak jenuh, yang dapat mendukung kesehatan otak dan jantung.

Setengah cangkir (120 ml) susu unta mengandung nutrisi berikut:

Kalori: 50
Protein: 3 gram
Lemak: 3 gram
Karbohidrat: 5 gram
Tiamin: 29% dari Nilai Harian (DV)
Riboflavin: 8% dari DV
Kalsium: 16% dari DV
Kalium: 6% dari DV
Fosfor: 6% dari DV
Vitamin C: 5% dari DV


2. Mungkin pilihan yang lebih baik untuk orang dengan intoleransi laktosa atau alergi susu

Intoleransi laktosa adalah kondisi umum yang disebabkan oleh kekurangan laktase, enzim yang dibutuhkan untuk mencerna gula dalam susu yang dikenal sebagai laktosa. Ini dapat menyebabkan kembung, diare, dan sakit perut setelah mengonsumsi produk susu.

Susu unta mengandung lebih sedikit laktosa daripada susu sapi, sehingga lebih dapat ditoleransi bagi banyak orang dengan intoleransi laktosa.

Satu studi pada 25 orang dengan kondisi ini menemukan bahwa hanya 2 peserta yang memiliki reaksi ringan terhadap sekitar 1 cangkir (250 ml) susu unta, sedangkan sisanya tidak terpengaruh.

Susu unta juga memiliki profil protein yang berbeda dari susu sapi dan tampaknya lebih dapat ditoleransi oleh mereka yang alergi terhadap susu sapi.

Satu studi pada 35 anak usia 4 bulan hingga 10,5 tahun dengan alergi susu sapi mencatat bahwa hanya 20% yang sensitif terhadap susu unta melalui tes tusuk kulit.

Terlebih lagi, susu unta telah digunakan untuk mengobati diare yang disebabkan oleh rotavirus selama ratusan tahun. Penelitian menunjukkan bahwa susu mengandung antibodi yang membantu mengobati penyakit diare ini, yang sangat umum terjadi pada anak-anak.

BACA: Mengusir waswas setan dengan dzikir

3. Dapat menurunkan gula darah dan insulin
Susu unta telah terbukti menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Susu mengandung protein seperti insulin, yang mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antidiabetesnya. Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula darah.

Studi menunjukkan bahwa susu unta menyediakan setara dengan 52 unit insulin per sekitar 4 cangkir (1 liter). Ini juga tinggi seng, yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Dalam penelitian 2 bulan pada 20 orang dewasa dengan diabetes tipe 2, sensitivitas insulin meningkat di antara mereka yang minum 2 cangkir (500 ml) susu unta, tetapi tidak di antara kelompok susu sapi.

Studi lain menemukan bahwa orang dewasa dengan diabetes tipe 1 yang minum 2 cangkir (500 ml) susu unta setiap hari selain diet, olahraga, dan pengobatan insulin mengalami kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah daripada mereka yang tidak diberi susu unta. Tiga orang tidak lagi membutuhkan insulin.

Faktanya, ulasan dari 22 artikel penelitian menentukan bahwa 2 cangkir (500 ml) per hari adalah dosis susu unta yang direkomendasikan untuk meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes.

4. Dapat melawan organisme penyebab penyakit dan meningkatkan kekebalan
Susu unta mengandung senyawa yang muncul untuk melawan berbagai organisme penyebab penyakit. Dua komponen aktif utama dalam susu unta adalah laktoferin dan imunoglobulin, protein yang dapat memberi susu unta sifat penambah kekebalannya.

Laktoferin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan. Ini menghambat pertumbuhan E. coli, K. pneumoniae, Clostridium, H.pylori, S. aureus, dan C. albicans, organisme yang dapat menyebabkan infeksi parah.

Terlebih lagi, satu penelitian pada tikus menemukan bahwa susu unta melindungi terhadap leukopenia (jumlah sel darah putih rendah) dan efek samping lain dari siklofosfamid, obat antikanker beracun. Hasil ini mendukung sifat penambah kekebalan dari susu.

Penelitian tambahan menunjukkan bahwa protein whey unta bertanggung jawab atas kemampuan susu untuk melawan organisme berbahaya. Ini mungkin memiliki sifat antioksidan yang membantu tubuh Anda melawan kerusakan akibat radikal bebas. 

5. Dapat membantu kondisi otak dan gangguan spektrum autisme
Susu unta telah dipelajari untuk efeknya pada kondisi perilaku pada anak-anak, dan orang-orang menyarankan bahwa itu dapat membantu mereka yang menderita autisme. Sebagian besar bukti bersifat anekdot, meskipun beberapa penelitian kecil menunjukkan manfaat potensial untuk meningkatkan perilaku autis.

Gangguan spektrum autisme adalah istilah umum untuk beberapa kondisi perkembangan saraf yang dapat mengganggu interaksi sosial dan menyebabkan perilaku berulang.

Satu studi menemukan bahwa susu unta dapat meningkatkan perilaku autis pada anak-anak pada spektrum. Namun, penelitian ini menggunakan susu sapi sebagai plasebo dan mencatat bahwa banyak peserta memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu.

Studi lain pada 65 anak-anak dengan autisme usia 2-12 tahun mencatat bahwa 2 minggu minum susu unta menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam gejala perilaku autis, yang tidak terlihat pada kelompok plasebo.

Meskipun penelitian menjanjikan, mengganti perawatan standar untuk autisme dengan susu unta tidak dianjurkan. Selain itu, Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan orang tua bahwa klaim ini tidak dijamin dan tidak memiliki bukti yang cukup.

Terakhir, susu unta dapat bermanfaat bagi penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer, tetapi hanya beberapa penelitian pada hewan yang menyelidiki potensi ini.

6. Mudah ditambahkan ke diet Anda
Susu unta hampir selalu dapat menggantikan jenis susu lainnya.

Ini dapat dikonsumsi polos atau digunakan dalam kopi, teh, smoothie, makanan panggang, saus, sup, mac dan keju, dan adonan pancake dan wafel.

Mungkin ada sedikit perbedaan rasa tergantung dari mana susu itu berasal. Susu unta Amerika dikatakan memiliki rasa yang manis, sedikit asin, dan creamy, sedangkan susu unta dari Timur Tengah memiliki rasa yang lebih nutty dan smoky.

Produk susu unta seperti keju lunak, yogurt, dan mentega tidak tersedia secara luas karena tantangan dalam pemrosesan yang dikaitkan dengan komposisi susu unta.


(ACF)
TAGs: