Cara Hemat Kuota Internet Selama #DiRumahAja

Phooby Kamaratih - Teknologi dan Internet 13/04/2020
Photo by Mika Baumeister on Unsplash
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Oase.id- Pemerintah mengabulkan permintaan beberapa daerah untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi memutus mata rantai persebaran virus korona (Covid-19). Kebijakan ini, makin menyempurnakan imbauan agar segala aktivitas dilakukan di rumah, atau yang di media sosial lebih akrab dengan kampanye tagar #DiRumahAja.

Bekerja atau belajar disarankan dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi informasi. Begitu pula akses hiburan dan silaturahmi dianjurkan dengan menggunakan fasilitas internet.

Alhasil, jika tidak disiasati dengan matang, kegiatan full di rumah bakal membuat pengeluaran untuk pembelian kuota internet lebih boros ketimbang hari biasanya.

Baca: Jika Pandemi Korona Sampai Ramadan, Ini Tips #DiRumahAja Selama Bulan Puasa

 

Nah, dalam rangka menyiasati pengeluaran internet, berikut adalah beberapa tips menghemat pemakaian kuota selama pandemi korona. 

 

Membatasi background apps

Beberapa aplikasi di telepon genggam bisa menyedot kuota secara otomatis, walau pun sedang tidak digunakan. Untuk menonaktifkan aplikasi latar belakang yang menyita banyak kuota itu, sebaiknya atur pembatasan dengan cara mengetuk ikon "Batasi data aplikasi latar belakang" atau "Restrict app background data" pada pengaturan ponsel. 

Pembatasan ini menjadikan latar belakang hanya digunakan pada aplikasi yang sedang dibuka saja.

 

Data pada chrome

Chrome merupakan fitur Google yang biasanya menjadi aplikasi bawaan banyak ponsel. Aplikasi ini juga menguras kuota internet yang tidak sedikit.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa Chrome sendiri memiliki fitur kompresi data yang hasilnya akan membuat kuota hemat dengan kecepatan internet yang tak terhambat?

 

Cara mengaktifkan data pada Chrome adalah dengan masuk ke "Setelan" di aplikasi Google Chrome, lalu cari "Penyimpan Data" atau "Data Saver", kemudian hidupkan. 

 

Update aplikasi hanya melalui wifi

Mematikan pembaruan aplikasi otomatis pada PlayStore adalah cara paling efektif dan signifikan dalam mengurangi penggunaan kuota. Ubahlah pengaturan pembaruan dilakukan dengan wifi.

Setel pembaruan dengan cara masuk ke aplikasi PlayStore, kemudian pilih "Menu lalu setelan lalu update aplikasi secara otomatis". Pastikan memilih "Update aplikasi secara otomatis melalui wifi saja" atau bisa juga dengan memilih "Jangan update aplikasi secara otomatis”.

Baca: Dalgona Coffee Mendadak Viral, Begini Cara Membuatnya untuk Menemanimu #DiRumahAja

 

Pengguna Instagram

Jika kamu pengguna Instagram yang aktif, sangat wajib mencoba trik berikut demi menghemat penggunaan kuota. 

1. Buka profil dan ketuk ikon menu tiga garis bersusun vertikal di sudut kanan atas
2. Kemudian ketuk ikon "Settings" berbentuk gerigi di bawah halaman yang muncul
3. Ketuk "Account" lalu "Cellular Data Settings"
4. Pada menu "Use Less Data" di perangkat iOS atau Data Saver di perangkat Android, geser tuas untuk mengaktifkan fitur ini.

Selain itu, cara lain dalam menghemat kuota bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan waktu yang dapat menampilkan media beresolusi di aplikasi Instagram. Caranya, dengan mengetuk menu "high resolution media" di bawah menu data saver pada Instagram.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan