Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 12/12/2022
Doa ketika malas (Mohamed Hassan dari Pixabay)
Doa ketika malas (Mohamed Hassan dari Pixabay)

Oase.id - Rasa malas merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Namun, tidaklah boleh larut berlama-lama, sebab akan berdampak negatif.

Jika malas-malasan berlama-lama kegiatan atau aktifitas akan terhambat. Maka, agar terhindar dari rasa malas, yakni memanjatkan doa. 

Berikut ini doa yang dapat dibaca agar dihindarkan dari rasa malas:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Latin: Allahumma inni a'uudzubika minal hammi wal hazani wal 'ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dlala'id daini wa 'alaihi wa ghalabatir rijaali.

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dan dari lilitan utang dan penindasan."

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik Ra, bahwa doa ini seringkali dibaca Nabi Muhammad ﷺ.

“Setiap kali Rasulullah ﷺ singgah pada suatu tempat, beliau banyak membaca, 'Allahumma inni a'uudzubika minal hammi wal hazani wal 'ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dlala'id daini wa 'alaihi wa ghalabatir rijaali." (HR. Bukhari)

Sumber: Disarikan dari hadis dalam Shahih Al-Bukhari, serta keterangan dalam Fathul Bari bi Syarhi Shahih al-Bukhari karya Imam Ibnu Hajar Al-Atsqalani


(ACF)