Keutamaan Salat Hajat

Octri Amelia Suryani - Salat Salat Hajat Surah Al Baqarah 13/04/2022
Ilustrasi salat hajat (Gambar oleh Konevi dari Pixabay)
Ilustrasi salat hajat (Gambar oleh Konevi dari Pixabay)

Oase.id - Salat hajat adalah salat sunah yang dijalankan ketika seseorang memiliki suatu keinginan tertentu atau hajat. Atas kehendak Allah Swt, keinginan tersebut dapat segera diperoleh dengan mudah. Sebab manusia hanya berencana, sedangkan ketentuannya ada di tangan Allah Swt.

Salat hajat diyakini dapat mempercepat terkabulnya segala keinginan. Diyakini sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam meraih berbagai keinginan. Hal ini dijelaskan dalam beberapa riwayat manfaat dan keutamaan salat hajat.

Seperti salah satu hadis mengatakan bahwa, “Barang siapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudulah dengan sebaik-baik wudu. Kemudian salat dua rakaat (salat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan selawat kepada Nabi ﷺ. Setelah itu, berdoa dengan mengucap “Laa illah illallahul haliimul kariimu, subhaanallahi rabbil ‘arsyil ‘azhiim…” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa, “Barang siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian mengerjakan salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan riwayat tersebut, maka menjadi percaya bahwa salat hajat adalah salah satu kunci yang dapat mempercepat terkabulnya keinginan-keinginan tertentu.

Selain hadis-hadis juga diperkuat dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 45:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Keutamaan salat hajat adalah keinginan dikabulkan oleh Allah Swt dengan jalan terbaik yang sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, salat hajat juga mendatangkan berbagai kebaikan lain, seperti mendapatkan pahala dari Allah Swt, mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan perasaan yang tenang, dan rasa tawakal yang lebih kuat.


(ACF)