5 Menu Terbaik dan Tersehat untuk Sarapan Pagi 

Phooby Kamaratih - Kesehatan 30/07/2020
Photo by Brooke Lark on Unsplash
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Oase.id– Memberi asupan untuk tubuh di pagi hari dengan menu bergizi dan seimbang dapat memberikan energi sekaligus mencegah makan terlalu banyak di siang hari. Makanan yang bergizi juga mampu meningkatkan konsentrasi dalam menjalani aktivitas seharian. 

Akan tetapi, tidak semua makanan yang dianggap bergizi akan berdampak baik dan bermanfaat untuk disantap di pagi hari.

Dilansir dari healthline.com, berikut adalah 5 makanan yang dipercaya memberikan manfaat super baik ketika dikonsumsi sebagai sarapan;


Telur

Mengonsumsi telur di pagi hari akan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori, dan membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, kuning telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan zat antioksidan yang bisa membantu mencegah gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Ahli diet dan nutrisi Dr Franziska Spritzler mengatakan, salah satu sumber kolin terbaik yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati terdapat dalam telur.


 

Yogurt

Yogurt mengandung protein yang terbukti dapat mengurangi perasaan lapar dan memiliki efek termal yang lebih tinggi dari pada lemak atau karbohidrat. 

Istilah efek termal ini mengacu pada peningkatan laju metabolisme yang terjadi setelah makan.

“Selain rasa kenyang, yoghurt juga membantu mengontrol berat badan dan menghilangkan lemak tubuh,” kata Dr Franziska.

Baca: Tips Unik! Ini Cara Membekukan Buah-buahan agar Tidak Busuk sampai Setahun

 

Untuk meningkatkan kandungan vitamin, mineral, dan serat, campurkan saja yogurt tersebut dengan buah beri atau buah-buahan lainnya.


Kopi

Dengan mengonsumsi kopi di pagi hari terbukti dapat meningkatkan mood, kewaspadaan, dan kinerja mental. Dosis minum kopi yang efektif yaitu 38-400 mg per hari untuk memaksimalkan manfaat kafein yang terkandung dan mengurangi efek sampingnya.

“Kafein juga terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak, sekitar 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79-150 kalori ekstra selama 24 jam,” jelas dia.

Baca: 4 Cara Sehat Menikmati Kopi


Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum tanah yang memiliki kandungan serat unik yang disebut oat beta-glucan. 

Serat ini berfungsi untuk kesehatan terutama dalam mengurangi kolesterol. Selain itu oat kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

“Kaya akan serat, mengosumsi oatmeal juga harus dibarengi dengan kandung protein yang tinggi,” kata Dr Franziska. 

Agar lebih nikmat, bolehlah menyiapkan susu sebagai campuran oatmeal atau disajikan sepotong keju.


Teh hijau

Selain kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang akan membantu seseorang untuk meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati. Teh hijau hanya menyediakan 35-70 mg kafein per cangkir, yang merupakan setengah dari jumlah kopi. 

Manfaat lain dari meminum teh hijau seseorang akan mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin.

"Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG yang dapat melindungi otak, sistem saraf, dan jantung dari kerusakan,” ungkap Dr Franziska.


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan