Tips Unik! Ini Cara Membekukan Buah-buahan agar Tidak Busuk sampai Setahun

Phooby Kamaratih - Kesehatan 27/06/2020
Photo by  Leighann Blackwood from Unsplash
Photo by Leighann Blackwood from Unsplash

Oase.id – Buah-buahan menjadi asupan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Sayangnya, keumuman buah tidak bisa bertahan lama. Kesegaran, tekstur, aroma, dan kandungannya akan mudah berubah alias membusuk dalam hitungan beberapa hari saja.  

Akan tetapi, ada beberapa cara unik agar buah dengan jenis tertentu mampu bertahan dalam waktu lama. Dikutip dari Farmflavor.com, berikut adalah trik untuk mempertahankan buah dari kebusukan, tak tanggung-tanggung, bahkan sampai 12 bulan lamanya. 

Baca: Tips Menjaga Makanan biar Awet Selama PSBB

 

Beri

Segala jenis buah yang termasuk dalam golongan beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry hanya berbuah setahun sekali. 

Oleh karena rentang musim panen yang lama ini, para petani sudah terbiasa melakukan pembekuan agar buah-buah tersebut bisa bertahan hingga masa yang lama.  

Caranya adalah dengan membilas beri dengan hati-hati menggubakan saringan dan membersihkannya dari tangkai atau daun yang masih menempel. Setelah itu, tiriskan dan tempatkan di atas tisu dan biarkan kering.

Setelah kering, letakkan beri di wadah sejenis loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti. Jika sudah mengeras, pindahkan ke plastik yang sudah berlabel tanggal.

Masa tahan buah beri dengan teknik pembekuan seperti ini bisa sampai 3 bulan.

Persik dan plum

Jangan biarkan buah persik dan plum terbuang sia-sia. Bekukan dua buah ini dengan cara mencucinya dengan air dingin, lalu potong menjadi 6 bagian per 1 buah. 

Susun irisan buah di atas loyang yang sudah di lapisi kertas roti kemudian bekukan di atas loyang, setidaknya selama 4 jam atau semalam.

Setelah melewati proses pembekuan, pindahkan buah ke dalam plastik yang diberi label tanggal kedaluarsa kemudian kembali disimpan dalam lemari pendingin. 

Metode pembekuan seperti ini terbukti mampu menjadikan tekstur dan kesegaran persik dan plum bertahan hingga setahun. 


Apel

Pembekuan apel agar tahan lama tidak disarankan dengan cara membiarkannya secara utuh. Akan tetapi, lebih baik mengawetkannya dalam bentuk mentega apel, selai, jeli, pai apel, atau olahan makanan panggang lainnya. 

Pertama-tama, kupas dan iris apel lalu siram dengan jus lemon.

Susun irisan apel di atas loyang yang dilapisi kertas dan dibekukan selama setidaknya 4 jam atau semalam.

Setelah itu, pindahkan irisan apel beku ke tas atau wadah yang aman untuk freezer. Bekukan apel hingga 6 bulan. 


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan