Ahli Bedah Saudi Berhasil Memisahkan Kembar Siam Nigeria Hassana dan Hassina

N Zaid - Kesehatan 19/05/2023
Ahli bedah Saudi berhasil memisahkan kembar siam Nigeria. Foto KSArelief
Ahli bedah Saudi berhasil memisahkan kembar siam Nigeria. Foto KSArelief

Oase.id - Sebuah tim ahli bedah Saudi pada hari Kamis berhasil memisahkan kembar siam Nigeria Hassana dan Hassina setelah operasi 14 jam di Riyadh.

Tim bedah spesialis sebelumnya mengumumkan bahwa si kembar dalam kondisi stabil di Rumah Sakit Spesialis Anak King Abdullah di King Abdulaziz Medical City.

Hassana dan Hassina, yang lahir di Kaduna, Nigeria, pada 12 Januari tahun lalu, berbagi perut, panggul, hati, usus, dan saluran kemih serta sistem reproduksi.

Tim multidisiplin beranggotakan 85 orang, yang meliputi 35 spesialis medis dan bedah serta staf keperawatan dan teknis, dipimpin oleh Dr. Abdullah Al-Rabeeah, penasihat Pengadilan Kerajaan Saudi dan pengawas jenderal Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman Tengah.

Sebelum operasi dimulai, Al-Rabeeah mengatakan operasi akan mencakup delapan tahap. Operasi itu dilakukan atas arahan Raja Salman dari Arab Saudi.

Inisiatif kemanusiaan Arab Saudi sebelumnya telah membantu 130 kasus kembar siam dari 23 negara selama 33 tahun, dan Hassana dan Hassina akan menjadi pasangan kembar ke-56 yang dipisahkan sebagai hasilnya.

“Saya menggunakan kesempatan ini untuk sekali lagi berterima kasih kepada penjaga dua masjid suci, putra mahkota, dan seluruh pimpinan Kerajaan atas sikap kemanusiaan semacam ini yang diberikan kepada kembar siam Nigeria ini, Hassana dan Hassina," kata Duta Besar Nigeria untuk Arab Saudi, Yahaya Lawal.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Kesehatan