4 Cara Sehat Menikmati Kopi

Phooby Kamaratih - Kesehatan 22/07/2020
Photo by Christoph from Pixabay
Photo by Christoph from Pixabay

Oase.id – Kopi kian menjelma minuman popular bagi masyarakat dunia. Banyak ahli menyatakan bahwa kopi adalah minuman yang sehat karena mampu meningkatkan mood dan rasa kewaspadaan. 

Akan tetapi, kopi juga dinilai sebagai minuman yang mampu menghadirkan dampak bagi kesehatan, apalagi jika diminum secara berlebihan. 

Dampak negatif kopi bagi tubuh antara lain menimbulkan insomnia alias susah tidur, nyeri ulu hati, peningkatan produksi asam lambung, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, peningkatan denyut jantung, peningkatan kadar gula darah, hingga kelelahan.

Nah, untuk menghindari efek buruk meminum kopi sekaligus cara sehat menikmatinya, berikut adalah 4 tips yang perlu kamu perhatikan; 

Hindari minum kopi setelah jam 2 siang

Dilansir Healthline.com,  kandungan kafein dalam kopi memang bisa memberikan energi lebih dan membantu tetap terjaga ketika merasa lelah, ini alasan utama kopi begitu populer. Akan tetapi, jika mengonsumsi kopi di waktu sore maka otamatis bisa  mengganggu kualitas tidur di malam hari. 

Kurangnya kualitas tidur di malam hari ini akan memunculkan berbagai masalah kesehatan.

 

Peneliti Nutrisi Kris Gunnars mengatakan, jika ingin meningkatkan kualitas tidur, maka strategi yang efektif adalah menghindari kopi di sore hari.

Tanpa gula

Mencampurkan gula dengan kopi Juga bukan ide yang bagus, sebab jumlah fruktosa akan tinggi pada minuman tersebut dan akan menyebabkan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes. 

“Sebagai pengganti gula anda bisa menggunakan pemanis alami seperti stevia,” kata Kris.

Baca: Odol dan Kopi Bisa bikin Kulit Kakimu Cerah

 

Merek berkualitas dan organik

Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. 

Tak sedikit biji kopi yang disemprot pestisida sintetis yang tentunya berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan bagi manusia. 

“Untuk menikmati kopi yang lebih sehat pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik dan perhatikan kualitas produk yang ingin dibeli,” ujar Kris.

Baca juga: Membedah Kontroversi Kopi dalam Karya Syekh Ihsan Jampes Kediri

 

Hindari minum terlalu banyak

Perhatikan asupan kafein pada kopi. Kafein yang berlebih akan memberikan efek samping yang merugikan meskipun sensitivitas orang terhadap  kafein berbeda. 

Menurut Health Canada, takaran ideal mengonsumsi kopi adalah tidak lebih dari 2,5 mg untuk tiap per kg berat badan per harinya. Atau setara dua cangkir kopi perhari untuk seseorang dengan berat badan 80 kg.


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan