5 Tips Ampuh Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan Kesehatan Musim Hujan 12/11/2021
Ilustrasi Jakarta diguyur hujan deras. Dok.MI
Ilustrasi Jakarta diguyur hujan deras. Dok.MI

Oase.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Indonesia untuk mewaspadai musim hujan dan cuaca ekstrem yang akan terjadi selama beberapa bulan ke depan. Untuk itu, kita wajib untuk terus menjaga kondisi kesehatan, apalagi saat ini kita juga masih harus menghadapi pandemi Covid-19.

Saat musim hujan tiba, potensi penyebaran penyakit tentu akan lebih mudah. Hal ini didukung oleh beberapa faktor termasuk daya tahan tubuh yang mungkin akan menurun.

Dilansir dari maydensupport.co.uk, untuk menghadapi musim hujan pastikan tubuh tetap sehat, berikut beberapa tips kesehatan mudah dan ampuh:

1. Tingkatkan asupan vitamin C

embed

Musim hujan merupakan waktu yang tepat bagi beberapa virus dan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, agar tubuh tetap sehat perlu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu caranya adalah rutin mengonsumsi vitamin C atau makan makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi, seperti jeruk, pepaya, bayam, dan brokoli.

BACA: 5 Cara Ampuh Meredakan Hidung Tersumbat

2. Jangan menyimpan air yang tergenang

Salah satu masalah yang sering terjadi saat musim hujan adalah perkembangbiakan nyamuk yang meningkat pesat dan dapat menyebarkan penyakit. Untuk pencegahan ini, pastikan tidak ada tempat penyimpanan air terbuka di rumah, kedua perhatikan saluran pembuangan air, lalu pastikan tidak ada yang tersumbat dan air yang tergenang.

3. Mencuci buah dan sayur

embed

Selama musim hujan, pastikan selalu mencuci sayur dan buah dengan air mengalir untuk menghilangkan jutaan kuman yang hidup di kulit buah dan sayuran. Biasakan hanya mengonsumsi sayuran yang sudah dimasak atau direbus untuk menghindari kuman yang masih ada pada sayuran mentah.

4. Konsumsi teh herbal

embed

Agar tubuh menjadi hangat saat musim hujan, mengonsumsi teh herbal bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Teh herbal selain dapat memberikan kehangatan untuk tubuh, juga mampu meningkatkan kekebalan dan nafsu makan. Tentunya hal ini penting agar tubuh tetap sehat selama musim hujan dan pandemi.

Berikut resep Teh Herbal yang bisa dicoba di rumah:

Bahan : 2 ruas jahe, 3 cm kunyit, 1 batang serai, 2 sdm madu dan 300 ml air

Cara membuat : geprek jahe dan batang serai kemudian iris kunyit, setelah itu panaskan air hingga mendidih lalu masukkan jahe, serai, dan kunyit dan diamkan selama 10 menit. Setelah tercampur matikan api, lalu masukkan madu dan aduk. Teh herbal siap untuk disajikan.

BACA JUGA: Memasuki Musim Penghujan, Berikut Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Anti Jerawat!

5. Menjaga kebersihan

embed

Saat musim hujan pastikan untuk menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, dan tersanitasi dengan baik. Apalagi saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tetaplah menjadi kebersihan tangan dengan mencucinya secara teratur atau menggunakan pembersih tangan instan agar terhindar dari virus Corona.


(ACF)