Naksir Rok Plisket ala Laudya Chintya Bella? Begini Cara Merawatnya

Phooby Kamaratih - Tutorial Hijab 27/02/2020
Photo by Teresia May from Antara
Photo by Teresia May from Antara

Oase.id- Semenjak memutuskan untuk berhijab, tampilan artis kenamaan Laudya Cynthia Bella kerap menjadi titik perhatian. Terlebih dengan kebiasaan memadukan OOTD berupa rok plisket, menjadikan perempuan yang karib disapa Bella ini kian menawan. 

Melalui akun Instagram @laudyacynthiabella, Bella kerap mengunggah foto dengan penampilan formal-casual. Berpadu dengan uniknya aksesoris yang dikenakan, Bella cenderung memilih pakaian dengan warna-warna pastel yang saat ini memang banyak dimintai remaja perempuan. 

Namun lagi-lagi, jenis rok lipat yang dikenakan Bella tak kalah mencuri perhatian. Jika kamu tertarik dengan bawahan jenis ini, berikut adalah sedikit tips cara merawatnya;

 

Simpan di gantungan

Rok plisket memang membutuhkan perawatan khusus dan lebih serius ketimbang bawahan lainnya. Hal ini dengan tujuan agar lipatan yang menjadi ciri khas rok tersebut tetap rapi dan sedap dipandang.

Penyimpanan rok plisket juga harus diperhatikan agar lipatan tersebut tidak gampang rusak atau berantakan.

 

Gunakanlah gantungan baju (hanger) untuk menyimpan rok plisket. Lebih penting lagi, simpan di tempat yang tidak bersuhu lembab.

embed

Tangkapan layar akun @laudyacynthiabella

 

Hindari menyikat 

Hindari mencuci dengan menggunakan sikat. Cucilah rok plisket dengan cara mencelup-celupkan ke dalam air setelah menjalani proses perendaman menggunakan sedikit detergen. Jika memang perlu energi lebih besar untuk menghilangkan noda yang menempel, bolehlah menggunakan sikat dengan syarat terdiri bulu-bulu yang halus. 

embed

Tangkapan layar akun @laudyacynthiabella


Cara menyetrika

Terdapat dua jenis bahan pada plisket yang biasa digunakan kebanyakan perempuan. Pertama, jenis heat-set. Karena lipatan jenis ini mudah hilang bila terkena air, maka sebaiknya perawatannya dilakukan dengan menggunakan dry clean agar bentuknya tetap terjaga. Jika mau berhemat, bisa menggunakan setrika uap.

Yang kedua, stitched-in. Perawatan lipatan tipe ini lebih mudah dibanding jenis sebelumnya. Jenis bahan plisket ini cenderung mudah dirapikan meskipun hanya dengan menggunakan strika biasa. 
 


(SBH)