Al-Majaridah di Asir, Permata Unik Arab Saudi

N Zaid - Wisata Kuliner 19/12/2022
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Dari keindahan rumahnya hingga kekayaan sejarahnya, Kegubernuran Al-Majaridah di wilayah Asir, adalah permata unik Arab Saudi.

Penduduk awal desa unggul dalam bidang pertanian dan astronomi. Menggunakan perhitungan abstrak, mereka mampu membuat kalender pertanian, salah satu yang paling terkenal dan tertua dari jenisnya di Arab Saudi.

Rumah-rumah dibangun dengan gaya arsitektur yang berbeda dan terletak di lanskap pegunungan, lembah, gua, dan ladang yang luas, tempat perayaan dan tarian rakyat sering diadakan. Daerah ini menampilkan banyak semak dan tumbuhan harum termasuk wormwood, buddleja polystachya, caralluma, lavender, dodonaea, thyme dan basil, serta pohon seperti juniper, Christ's thorn jujube dan almond.

Al-Majaridah dicirikan oleh ketinggian pegunungannya dan variasi suhunya sepanjang musim.

Desa ini terletak di tengah lahan subur yang disuplai oleh sumur-sumur yang menampung cukup air untuk penduduk dan pertanian mereka, beberapa di antaranya menggunakan irigasi dan lainnya menggunakan sistem “falaj”, yang mendistribusikan air hujan secara merata di antara pertanian.

Komunitas awal Al-Majaridah unggul dalam pertanian, membudidayakan berbagai macam buah-buahan seperti delima, apel, prem, ara barbar, aprikot, anggur, persik, beri, dan semua jenis kacang-kacangan. Itu juga dikenal dengan produk ghee dan madunya.


(ACF)