Seedorf dan 4 Pemain Sepak Bola Internasional yang Memilih Mualaf

N Zaid - Pergaulan Islam 18/12/2022
Clarence Seedorf. Foto Anandolu
Clarence Seedorf. Foto Anandolu

Oase.id - Legenda Belanda Clarence Seedorf baru-baru ini mengumumkan bahwa dia masuk Islam.  Maret lalu, mantan bintang Real Madrid dan AC Milan itu mengumumkan bahwa kini telah menjadi seorang Muslim.

Pria berusia 45 tahun itu mengatakan di akun Instagram resminya: "Terima kasih khusus untuk semua pesan baik dalam perayaan saya bergabung dengan #Muslim #family."

"Saya tidak mengubah nama saya dan akan terus membawa nama saya seperti yang diberikan oleh orang tua saya, Clarence Seedorf! Saya mengirimkan semua cinta saya kepada semua orang di dunia," tambahnya.

Seedorf adalah salah satu pemain paling terkenal dalam sejarah Liga Champions UEFA. Dia telah memenangkan turnamen empat kali dan merupakan satu-satunya pemain yang melakukannya dengan tiga klub berbeda - Ajax, Real Madrid dan AC Milan.

Selain Seedorf, berikut beberapa pesepakbola lain yang juga berstatus sebagai mualaf.

Nicolas Anelka
Dianggap sebagai salah satu pemain muda paling menarik di generasinya, biaya transfer kumulatif mantan bintang Arsenal, Real Madrid dan Chelsea itu lebih dari £100 juta.

Orang Prancis, yang mengambil nama 'Abdul-Salam Bilal, di masa lalu pernah menjadi pengkritik vokal Islamofobia di Prancis.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Arabiya News pada tahun 2015 dia berbicara tentang pertobatannya: “Saya berumur enam belas tahun ketika saya masuk Islam.”

"Apa yang membuat saya menjadi mualaf adalah saya memiliki kepastian bahwa Islam adalah untuk saya."

“Saya merasakan hubungan ini dengan Tuhan, dan itu mencerahkan hidup saya. Saya memiliki keyakinan di hati saya bahwa itu adalah agama saya.”

Paul Pogba
Bintang Prancis Paul Pogba adalah pemain termahal di dunia ketika Man United mengontraknya dari Juventus seharga £89 juta pada tahun 2016.

Pogba, yang tidak dibesarkan sebagai seorang Muslim, pernah berbicara tentang menjadi seorang mualaf, menyebutkan bagaimana Al-Qur'an membimbingnya dan memberinya tujuan dan identitas.

“Saya pikir (Islam) telah memberi saya identitas. Terkadang Anda mempertanyakan hidup Anda tentang segala hal: Mengapa ini terjadi pada saya, mengapa ini, mengapa begitu?" katanya dalam wawancara dengan Sky Sports News.

Pogba juga tidak segan-segan jika berbicara tentang isu-isu Muslim dan secara teratur memposting di akun media sosialnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan iman dan politik.

Franck Ribery
Pemain sayap Bayern Munich telah memenangkan sembilan gelar Bundesliga yang menakjubkan dengan klub Jerman dan dianggap sebagai salah satu klub terhebat.

Orang Prancis itu masuk Islam ketika dia menikahi istrinya, yang dia temui saat remaja di kampung halamannya. Pada tahun 2011 mereka membuka bar shisha di kota, yang tidak menyajikan alkohol, dan menayangkan pertandingan sepak bola besar.

"Saya seorang beriman dan sejak saya masuk Islam, saya pikir, saya menjadi lebih kuat, saya menjadi lebih kuat secara mental dan fisik. Agama tidak mengubah kepribadian atau persepsi saya tentang dunia," katanya, menurut kutipan dari Anadolu Agency. pada tahun 2013.

Nathan Ellington
Striker itu bermain di Liga Premier untuk West Brom tetapi juga mewakili tim seperti Wigan Athletic dan Watford. Dan di Wigan pada tahun 2005 dia masuk Islam.

Seorang Muslim yang taat, Ellington di masa lalu berbagi cerita tentang pengalamannya menjadi pesepakbola Muslim, termasuk bagaimana ia diberhentikan oleh seorang manajer karena berpuasa selama Ramadhan.

Dia mendirikan Asosiasi Pesepakbola Muslim, sebuah organisasi yang mewakili pesepakbola Muslim, mempromosikan mereka dan juga mengatasi kesalahpahaman tentang Islam.

“Saya menyadari Islam adalah jalan yang benar karena sejalan dengan cara hidup dan berpikir alami saya. Tidak sulit untuk menyingkirkan banyak hal," katanya dalam wawancara dengan Islam21c pada 2021.

Danny Blum 

Danny Blum lahir pada 1 Januari 1991. Pemain sepak bola Jerman itu mengumumkan masuk Islam dari Kristen pada musim panas 2014, dan perpindahan agama secara resmi terjadi pada Januari 2015. Menurut Blum, dia salat lima kali sehari dan makan makanan halal. Dia menggambarkan Islam sebagai agama harapan dan kekuatan. Selama karir profesional Danny Blum, dia bermain untuk klub Jerman seperti SV Sandhausen, Eintracht Frankfurt, FC Nürnberg dan lainnya.

Eric Abidal

Eric Abidal lahir pada 11 September 1979. Ia masuk Islam pada tahun 2007 saat menikah dengan Hayet Kebir dan mengubah namanya menjadi Bilal Eric Abidal. Sama halnya dengan Franck Ribery, ketika pindah dari Katolik ke Islam, Abidal dipengaruhi oleh istrinya yang juga berasal dari Aljazair. Inilah yang dikatakan Abidal tentang pertobatannya: “Semua kemajuan alami. Pilihan masuk Islam bukan karena isteri saya, tapi anugerah yang tiba-tiba muncul. Itu benar-benar terjadi di sana. Mengalir dan membuatku merasa bahagia. Saya memeluk Islam dengan penuh keyakinan”.

Abidal telah membangun karir yang sukses dan memenangkan banyak penghargaan besar bersama Lyon dan Barcelona di mana dia bermain sebagai bek. Pada tahun 2011, ia didiagnosis menderita tumor hati dan menjalani dua operasi transplantasi hati. Itu mengakhiri karirnya. Dia pensiun pada tahun 2014, pada usia 35 tahun.


(ACF)