Al-Qur'an Sultan Münire yang Langka Pecahkan Rekor di Lelang Seni Islami Sotheby's

N Zaid - Alquran 26/04/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Naskah Al-Qur'an Arare, yang dipesan oleh Münire Sultan, putri Sultan Abdülmecid I., terjual seharga 114.300 pound (sekitar US$144.000) di Rumah Lelang Sotheby di London, menandai rekor penjualan dalam lelang yang menampilkan "Dunia Islam dan Seni India."

Sejumlah karya terjual dalam lelang bertajuk "Seni Dunia Islam dan India" yang diadakan Kamis di Rumah Lelang Sotheby di ibu kota Inggris, London. Al-Quran dengan iluminasi rumit yang dipesan oleh putri Sultan Abdülmecid I, Münire Sultan pada tahun 1860, dijual dengan harga yang memecahkan rekor. 

Karya tersebut, yang ditulis oleh ahli kaligrafi Ibrahim Hakkı, seorang sufi Turki populer dari Kekaisaran Ottoman dari Erzurum di Anatolia timur yang merupakan seorang polimatik, dihargai 70.000 pound hingga 90.000 pound, mendapat pembeli seharga 114.300 pound.

Dikenal dibuat atas nama suami Münire Sultan, Ibrahim Ilhami Pasha, karya Ottoman ini dianggap sebagai salah satu contoh terbaik rococo Turki yang menandai abad ke-18 dan, khususnya, abad ke-19. Selain berbagai karya kaligrafer Utsmaniyah, barang-barang seperti ubin Iznik, sajadah sutra, termos anggur, kilim, belati, dan set cangkir dijual seharga ribuan pound di pelelangan.

Menurut dugaan, sejumlah artefak berharga, yang konon diselundupkan dari Türkiye, diberikan kepada pemilik baru di pelelangan. Di antara barang-barang tersebut adalah sajadah, tempat lilin kuningan dari era Sultan Suleiman Agung yang dibangun pada tahun 1539, tempat lilin kuningan yang dibuat untuk Wazir Agung Utsmaniyah kelahiran Albania Koca Sinan Pasha, manuskrip "Delail' karya Hafız Yusuf yang dibuat dengan cermat pada tahun 1712. 

ül-Hayrat," sebuah risalah tulisan tangan dari abad ke-17, belati Ottoman dari abad ke-17 yang dihiasi dengan emas dan perak, Naskh Quran tahun 1682-1683 oleh Seyyid Ahmed bin Musa, Naskh Quran tahun 1796-97 oleh kaligrafer Mehmed Emin Efendi, set cangkir batu akik Ottoman yang dihiasi dengan safir dan zamrud yang berasal dari abad ke-17, karpet sutra Ottoman yang berasal dari awal tahun 1900-an, cangkir keramik Iznik tahun 1590, air mancur marmer dari Zaman Tulip, sajadah abad ke-19 dari Konya, sajadah buatan Anatolia dari abad ke-18, piring perak Ottoman dari abad ke-18, potret lukisan cat minyak pangeran Ottoman Musa Çelebi, Al-Quran Naskh dari tahun 1804 oleh kaligrafer Mustafa Rakım dan album latihan kaligrafi tahun 1730-an oleh Mehmed Şehri.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Alquran