Doa Masuk Rumah yang Dibaca Nabi

Gambar oleh Tumisu dari Pixabay
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Oase.id - Setiap kali akan melakukan aktivitas, Nabi Muhammad ﷺ menganjurkan untuk mengawalinya dengan membaca doa. Termasuk doa saat memasuki rumah. Berikut ini ulasannya.

Merujuk kitab Al-Adzkar Nawawi, saat masuk rumah disunnahkan membaca basmalah dan memperbanyak zikir kepada Allah SWT dan mengucapkan salam, baik di rumah yang ada penghuninya maupun tidak ada penghuninya.

Sebagaimana tertera dalam firman Allah surah an-Nur ayat 61 yang berbunyi:

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah ini hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya bagimu agar kamu memahaminya." (QS.An-Nur: 61)

Sependapat, Rasul mengatakan dalam sabda yang diriwayatkan dalam kitab Tirmidzi: “Wahai anakku, jika kamu memasuki rumah untuk menemui keluargamu, maka bacalah salam, karena itu akan menjadikan berkah kepada-Mu dan kepada keluarga-Mu.” 

Pendapat lain mengatakan, dalam kitab Sunan Abu Dawud dari Anas bin Malik Asy’ari, bahwa Rasul bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka hendaknya mengucapkan: Allaahumma innii as ‘aluka khairal mawliji wa khairol makhroji. Bismillahi walajnaa, wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallaah, rabbanaa tawakkalnaa.”

Artinya: “Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu tempat masuk dan keluar yang baik, dengan menyebut nama Allah kami masuk dan keluar dan hanya kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.” 
Kemudian membaca salam. 

Sementara dalam riwayat Abu Umamah al-Bahily, dari Rasulullah ﷺ, ia bersabda:

“Jika seseorang memasuki rumahnya kemudian berzikir kepada Allah Ta’ala ketika memasukinya dan ketika dia makan, setan berkata (kepada sesamanya) tinggallah kalian untuk bermalam, dan ketika dia tidak berzikir kepada Allah ketika dia makan, maka setan berkata (kepada sesamanya), tinggalah kalian untuk bermalam dan makan malam.” Hadis ini riwayat Imam Muslim dalam kitab sahihnya.

Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari Abdullah bin Amru bin ‘Ash, dia berkata, bahwa:

Ketika Rasul pulang ke rumah ia membaca: "Alhamdulillaahilladzii kafaanii wa awaanii wal hamdulillahil ladzii ath ‘amanii wa sakoonii wal hamdu lillahil ladzii manna ‘alayya as ‘aluka an tujiiranii minan naar."

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang mencukupi dan melindungi, segala puji bagi Allah yang maha memberi makan dan minum kepadaku, segala puji bagi Allah yang memberi kenikmatan kepadaku, aku memohon kepadaku agar melindungiku dari api neraka.” 

Begitu pun, diriwayatkan dalam kitab al-Muwatha’ Imam Malik, bahwa ketika Nabi memasuki rumah yang tidak berpenghuni beliau membaca: “Assalaamu alainaa wa ‘ala ‘ibaadillaahis shaalihiin.”

Artinya: “Semoga keselamatan atas kami dan kepada hamba Allah yang saleh.”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)