UPQ Kemenag Targetkan Jadi Pusat Percetakan Al-Qur'an Terbesar di Asean

N Zaid - Alquran 02/03/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Kementerian Agama menargetkan Unit Percetakan Al-Quran (UPQ) mampu mencetak 1-2 juta eksemplar Al-Qur'an pada 2024. Rencana ini terkait dengan keinginan Kemenag untuk menjadikan UPQ sebagai pusat percetakan Al-Qur'an terbesar di Asia Tenggara.

Untuk ini Kemenag akan melakukan transformasi fundamental dalam proses percetakan Al-Qur'an di Indonesia, baik kualitas maupun kuantitas.

"Kita punya harapan untuk memiliki sebuah percetakan Al-Qur'an terbesar se-Asia Tenggara. Mungkin (menjadi terbesar) untuk seluruh dunia (sementara ini) belum, ya. Tapi saya rasa untuk tingkat Asia Tenggara, kita bisa terbesar," terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin saat membuka pembinaan pegawai UPQ di Yogyakarta, Rabu (1/3/2023).

Pembinaan pegawai UPQ digelar selama empat hari, 1-4 Maret 2023 di The Cangkringan, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri seluruh pegawai UPQ dan sejumlah pegawai Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.

Kamaruddin pun mengapresiasi para pegawai UPQ yang bekerja mencetak kitab suci Al-Qur'an. "Teman-teman ini adalah pengurus Al-Qur'an yang setiap hari bekerja keras mengurus Al-Qur'an, saya kira itu suatu yang harus kita apresiasi bersama. Terus berkolaborasi mewujudkan percetakan Al-Qur'an berkualitas dan terbesar," pungkasnya.(kemenag)


(ACF)
TAGs: Alquran