Masjid Al Haram Memiliki Sound System Terbesar di Dunia

N Zaid - Makkah 28/02/2023
Masjid Al Haram Memiliki Sound System Terbesar di Dunia. Foto Haramain Sharifain
Masjid Al Haram Memiliki Sound System Terbesar di Dunia. Foto Haramain Sharifain

Oase.id - Sebagai pusat ibadah umat Islam sedunia, Masjid al-Haram memiliki sound system canggih yang dilengkapi dengan 7.500 speaker yang tersebar di alun-alun, koridor, dan jalan sekitar masjid.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Mohsen bin Abdul-Mohsin al-Sulami mengatakan sistem audio di Masjidil Haram merupakan salah satu sistem tata suara terbesar yang digunakan di dunia.

Pemerintah Arab Saudi dilaporkan telah merekrut lebih dari 120 ahli audio untuk mengoperasikan dan menyempurnakan sistem audio di Masjidil Haram di Makkah.

Sebagaimana diberitakan The Islamic Information pada Senin, 20 Februari 2018, sistem audio di Masjidil Haram secara eksplisit dirancang untuk mengumandangkan adzan, sehingga salat dapat terdengar jelas di dalam masjid, halaman, bahkan jalan sekitar.

Para ahli tersebut berasal dari berbagai negara dan latar belakang, masing-masing membawa keahliannya untuk memastikan bahwa sistem audio yang digunakan di lingkungan masjid bekerja secara optimal dengan mempertimbangkan fitur akustik dan arsitektur ruangan.

Tim ahli ini memastikan bahwa mikrofon, pengeras suara, dan sistem transmisi berfungsi dengan benar untuk menyiarkan suara fidelitas tinggi.

Dua ruang kontrol digunakan untuk mengoordinasikan sistem audio, terdiri dari satu ruang utama dan satu pusat tambahan yang terletak di area al Masaa’a.

BACA:Waspada Angin Kencang, Ini Doa yang Bisa Dibaca

Sistem suara cadangan juga dapat berfungsi jika yang utama gagal. Ini bertujuan untuk memastikan jamaah dapat menyelesaikan sholat mereka tanpa gangguan.

Menurut Saudi Press Agency, Pemerintah Saudi memperluas Masjid al-Haram, yang dilakukan di sisi utara masjid. Detail arsitektur yang dikombinasikan dengan warisan Islam lama digunakan untuk menghiasi dinding masjid, kubah, dan artefak serta memperhitungkan aliran udara dan cahaya alami.

Masjid Al-Haram, juga dikenal sebagai Masjid Agung, adalah masjid terbesar di dunia. Proyek perluasan yang sedang berlangsung bertujuan untuk meningkatkan luasnya menjadi 519.149 meter persegi.(islamicinformation)


(ACF)
TAGs: Makkah