4 Langkah Perawatan Rambut bagi Hijabers

Phooby Kamaratih - Tutorial Hijab 11/12/2019
Iliustrasi buah lemon dan madu/Pixabay/zuzi99
Iliustrasi buah lemon dan madu/Pixabay/zuzi99

Oase.id- Meskipun pilihan berhijab akan membuat bagian rambut kepala seseorang tertutup, akan tetapi melakukan perawatan terhadap mahkota kaum perempuan ini tetap penting, terutama jika dipandang dari sisi kesehatan. 

Demi terhindar dari permasalahan rambut, berilah perawatan teratur agar rambutmu tidak gampang rontok, lepek, dan aneka keluhan lainnya. 

1. Keramas 

Keramas, tentu menjadi tips paling penting. Dengan keramas teratur, rambut akan kembali bersih dari sisa-sisa keringat usai menjalani aktivitas seharian. Pilihlah sampo dengan kandungan yang dianggap bisa mengurangi risiko kerontokan rambut. 

2. Vitamin

Banyak sekali jenis vitamin rambut yang beredar di pasaran. Pilihlah vitamin yang sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki. Usahakan memakai produk yang menawarkan kandungan Vitamin E yang cukup agar rambut tetap dalam keadaan bersih dan lembab. 

3. Masker rambut

Memakai masker rambut diperlukan demi menjaga kulit kepala tetap sehat. Selain tersedia dalam produk khusus, masker rambut juga bisa diracik mandiri.

Misalnya, dengan mencampurkan madu dan air perasan lemon. Dipercaya, campuran kedua bahan ini bisa menyehatkan rambut dan kulit kepala. 

Cara menggunakannya simpel, kok. Yakni siapkan satu buah lemon lalu peras, tambahkan dengan satu sendok makan madu, kemudian oleskan secara merata pada rambut. Setelah itu, biarkan selama 15–20 menit, lantas bilas kepala dengan shampo hingga bersih.

Perawatan dengan masker rambut ini dianjurkan dilakukan setidaknya satu pekan sekali. 

4. Biarkan kering

Jangan menggunakan hijab dalam keadaan rambut kepala masih basah. Jika dipaksakan, kondisi ini akan menimbulkan bau tidak sedap, ketombe, dan membuat rambut lepek.

Setelah keramas, keringkan rambut hingga dirasa cukup dan tidak akan memberikan bekas basah pada kain hijab. 


(SBH)