20 Atraksi Wisata Menarik yang Ada di Maroko

N Zaid - Wisata Kuliner 11/12/2022
Kasbah Maroko. Foto Ist
Kasbah Maroko. Foto Ist

Oase.id - GlobalData memperkirakan bahwa Maroko akan menyambut 8,7 juta kedatangan internasional pada tahun 2022, menjadikannya tujuan paling populer di Afrika. Menurut database permintaan & aliran wisatawan GlobalData, negara seperti Prancis, Spanyol, dan Jerman diperkirakan akan menjadi pasar sumber terbesar untuk Maroko pada tahun 2022.

Dengan perhatian kini sedang tertuju ke Maroko berkat kecemerlangan tim sepak bolanya di Piala Dunia 2022 Qatar, boleh jadi ketertarikan internasional akan lebih deras menuju Maroko, terutama dari negeri-ngeri Muslim. Tak terkecuali Indonesia. 

Bicara tengang pariwisata Negeri Matahari Terbenam ini, berikut daftar atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Maroko.

1.Cascades d'Ouzoud
Cascades d'Ouzoud adalah air terjun setinggi 100 meter yang ditemukan di desa Grand Atlas, 366 kilometer dari Rabat, ibu kota Maroko. Ini adalah air terjun paling indah di Maroko yang dikelilingi oleh hutan lebat yang berisi monyet kera Barbary asli dan suasana pedesaan.

2.Ngarai Todra
Ngarai Todra adalah ngarai di sisi timur Pegunungan Atlas Tinggi dekat kota Tinerhir yang berjarak 474 kilometer dari Rabat. Dinding batu raksasa menjalankan Pegunungan Atlas Tinggi menciptakan tontonan yang benar-benar luar biasa. Ada lebih dari 150 rute yang diberi peringkat French Grade 5+ hingga 8 telah dibaut di ngarai.

3.Erg Chebbi
Erg Chebbi adalah salah satu dari dua erg Sahara Maroko, yang lainnya adalah Erg Chigaga. Ini adalah bukit pasir besar, setinggi sekitar 150 meter yang dibentuk oleh pasir yang tertiup angin, 416 kilometer dari Rabat dan terletak di dekat kota Merzouga. Legenda Maroko mengatakan bahwa bukit pasir Erg Chebbi dikirim oleh Tuhan sebagai hukuman karena mengusir seorang musafir yang lelah dari gurun Sahara Maroko.

4.Erg chigaga
Erg Chigaga adalah gundukan pasir yang terletak di daerah Souss-Massa-Draa Maroko sekitar 832 kilometer dari Rabat. Ini adalah yang terbesar dan terliar di Maroko yang menyebar hingga sekitar 40 kilometer dan menjulang hingga 300 meter.

5.Taman Nasional Al Hoceima
Terletak di pantai Mediterania di kota Al Hoceima sekitar 500 kilometer dari Rabat adalah Taman Nasional Al Hoceima. Ini mencakup wilayah pedalaman dan lepas pantai. Bagian lepas pantai adalah rumah bagi populasi lumba-lumba, kerapu, dan karang merah. Pantai, terlihat dengan pantai liar rangkaian tebing setinggi 700 m jatuh ke laut.

6.Teluk Agadir
Teluk Agadir terdiri dari pasir keemasan yang membentang sekitar 9 kilometer dengan perairan Atlantik yang relatif tenang di tepi pantai. Teluk ini berjarak 615 kilometer dari Rabat.

7.Laguna Oualidia
Oualidia Lagoon, rumah bagi industri budidaya tiram kecil Maroko 267 kilometer dari Rabat adalah laguna berbentuk bulan sabit yang dibatasi oleh pasir keemasan dan dilindungi oleh pemecah gelombang yang terbentuk secara alami. Ini adalah tempat yang sempurna untuk memancing, berlayar, berselancar, dan berenang.

8.Taman Nasional Souss Massa
Taman Nasional Souss Massa terletak di selatan Agadir, 575 kilometer dari Rabat. Taman mencakup tujuh desa tradisional Berber dan terkenal dengan spesies ornitologis tertentu, termasuk ibis botak yang terkenal (yang hanya ada di sini) dan spesies ibis lainnya, flamingo, spatula putih, dan tchagra berkepala hitam.

9.Djemaa el Fna
Djemaa El-Fna, sebuah alun-alun di kawasan medina Marrakesh adalah salah satu tempat wisata terbaik di Maroko. Terletak 328 kilometer dari Rabat. Alun-alun dipenuhi pawang ular dan orang-orang dengan monyet di siang hari, pendongeng, pesulap, dan penjaja obat tradisional di sore hari dan puluhan warung makan dan keramaian di malam hari.

10.Chellah
Nekropolis Chellah adalah situs reruntuhan kota Romawi kuno yang dikenal sebagai Sala Colonia yang ditemukan di Rabat setelah Ville Nouvelle. Ini adalah kota tertua di muara sungai Bou Regreg. Ditinggalkan pada tahun 1154 M, sebuah pekuburan, menara, dan tembok pertahanan ditambahkan pada abad ke-14. Banyak pohon buah-buahan dan bunga liar dapat ditemukan di sini.

11.Taman Nasional Tazekka
Terletak di bagian timur Middle-Atlas 287 kilometer dari Rabat adalah Taman Nasional Tazekka di selatan kota Taza. Hewan khas taman ini adalah rusa Berberian yang diperkenalkan kembali pada tahun 1994. Taman ini juga memiliki beberapa hutan pohon ek yang indah (pohon ek hijau, pohon ek zen, pohon ek gabus) dan menyajikan flora dan fauna yang menarik dan kaya.

12.Museum Marrakesh
Museum Marrakech bertempat di sebuah bangunan abad ke-19 di Istana Mnebhi, 326 kilometer dari Rabat. Museum ini memiliki benda-benda arkeologi dari abad ke-8 hingga ke-20, etnografi, dokumen sejarah dari abad ke-9 hingga ke-19 dan karya seni kontemporer Maroko yang sangat terkenal. Istana Mnebhi adalah istana yang indah dari abad yang lalu dengan semua detail perfeksionis dan arsitekturnya yang spesifik.

13.Kasbah Udaya
Kasbah Udaya adalah sebuah kasbah di Rabat sekitar 3 kilometer dari pusat kota di muara sungai Bou Regreg. Kasbah adalah penghalang yang digunakan untuk melindungi keluarga kerajaan dari serangan. Kasbah Udaya dibangun pada masa pemerintahan Almohad pada tahun 1150 M.

14.Museum Arkeologi Rabat
Dibangun pada tahun 1932, museum ini menyimpan koleksi Museum Nasional sejak tahun 1986. Museum ini terletak di Rabat di 23 rue Ifni al Brihi. Barang-barang yang dikumpulkan menyatukan sejarah dan budaya dengan pameran tembikar, perkakas, perhiasan, dan banyak artefak lainnya yang berasal dari zaman prasejarah.

15.Taman Nasional Ifrane
Taman Nasional Ifrane terletak di Pegunungan Atlas Tengah, 187 kilometer dari Rabat. Ada 200 spesies burung (termasuk bangau, flamingo, bebek, dan pelatuk), 30 spesies reptil, kera Barbar, dan domba. Ifrane adalah rumah bagi populasi kera Barbary terbesar di dunia. Ifrane juga dikenal dengan cadangan airnya yang sangat besar, pantas disebut "tangki air Maroko".

16.Gua Friouato
Gua Friouato atau Gouffre de Friouato ditemukan di Taman Nasional Tazekka 287 kilometer dari Rabat membentuk sistem gua terbesar yang diketahui di Afrika Utara. Gua membentang sekitar 3,8 kilometer di bawah tanah, dengan gua terdalam sedalam 150 kaki. Mereka didekorasi dengan stalagmit yang indah dan fitur batu. Air, keluarga besar kelelawar dan banyak bebatuan dan batu berlendir juga ditemukan di dalam gua.

17.Taman Nasional Toubkal
Taman Nasional Toubkal terletak di selatan Marrakesh 401 kilometer dari Rabat. Taman ini adalah rumah bagi keanekaragaman hayati yang luar biasa yang ditandai dengan populasi thujas dan holm oaks, keanekaragaman tanaman herba yang besar, dan jenis simbolik (spesies) seperti mouflon dengan manset (headline), kijang Cuvier dan lammergeyer berjanggut.

18.Istana El Bahia
Istana El Bahia terletak di Marrakech 327 kilometer dari Rabat. Istana duduk di 8 hektar dan memiliki 150 kamar. Itu diyakini telah dibangun sebagai rumah bagi empat istri dan 24 selir Bou Ahmed. Ini memiliki koleksi yang menyenangkan dari halaman beraspal, arcade, paviliun, ruang resepsi dengan langit-langit berkubah dan dinding yang didekorasi dengan ubin zelije Maroko tradisional, dengan plesteran terpahat dan pintu kayu cedar berukir.

19.Makam Saadian
Tersembunyi dan terlupakan hingga tahun 1917, Makam Saadian terletak tepat di luar Marrakech sekitar 329 kilometer dari Rabat. Itu adalah tempat peristirahatan terakhir dari sekitar enam puluh penguasa dan anggota Dinasti Saadi termasuk Sultan Ahmed El Mansour (sultan keenam dinasti) dan keluarganya. Kandang terdiri dari dua mausoleum utama, dengan 66 makam diletakkan di dalamnya dan lebih dari 100 lainnya di luar di taman.

20.Pegunungan Atlas
Pegunungan Atlas adalah rangkaian pegunungan yang membentang 2.400 km melalui Maroko, Aljazair, dan Tunisia 890 kilometer dari Rabat. Di Atlas Tinggi, Jbel Toubkal pada ketinggian 4.167 m adalah gunung tertinggi di Afrika Utara dan ditemukan di Maroko. Gunung-gunung memiliki kastil yang bagus, gurun yang keras, dan ngarai yang menakjubkan.


(ACF)