Doa Kebaikan untuk Orang yang Telah Menolong Kita

Sobih AW Adnan - Doa Sehari-hari 11/06/2020
Photo by Sujay_Govindaraj from Gettyimage
Photo by Sujay_Govindaraj from Gettyimage

Oase.id- Pandemi korona (Covid-19) bukan cuma ujian di bidang kesehatan, tapi juga dalam hal ekonomi dan ketahanan pangan.

Banyak data menunjukkan, pandemi telah berimbas pada susahnya sebagian kelompok dalam mempertahankan pekerjaan maupun pemenuhan kebutuhan hidup. Mata pencaharian mereka yang mengandalkan lapangan, tersendat lantaran harus mematuhi protokol kesehatan.

Baca: Doa agar Tetap Diberi Kelancaran Rezeki di Tengah Ekonomi yang Serba Sulit

 

Untungnya, Indonesia masih memiliki banyak orang baik yang selalu mempunyai semangat saling berbagi dan tolong menolong.

Penggalangan dana bagi keluarga miskin, pasien terinfeksi, maupun pekerja medis tak henti-hentinya mengalir untuk sedikit banyak mengurangi beban yang dihadapi.

Nah, jika biasanya umat Islam dianjurkan selalu berdoa memohon pertolongan kepada Allah Swt, kali ini, bagi orang yang sudah mendapatkan pertolongan melalui orang-orang baik sebagai perantara kekuasaan-Nya, jangan lupa untuk membacakan doa berikut sebagai iktikad balas budi;

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Jazaakallahu khairaa

“Semoga Allah membalasmu dengan ganjaran yang baik.”

Dalam riwayat lain, Rasulullah juga mengajarkan umatnya untuk mendoakan keberkahan untuk mereka yang berbuat baik. Rasulullah Muhammad Saw juga menyarankan lafaz doa membalas baik budi sebagai berikut;

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Baarakallahu laka fii ahlika wa maalika

"Semoga Allah memberkahimu pada keluarga dan juga hartamu.”

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


(SBH)