3 Mukjizat Nabi Muhammad SAW di Gua Tsur

N Zaid - Sirah Nabawiyah 19/11/2023
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Gua Tsur adalah sebuah gua yang terletak dekat Mekah di Arab Saudi. Ini memiliki makna historis dalam sejarah Islam. Terkenal karena dikaitkan dengan suatu peristiwa pada masa hidup Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Pada masa hijrah (Hijrah) dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 M, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersama sahabatnya Abu Bakar radhiyallahu 'anhu mencari perlindungan di Gua Tsur. Suku Quraisy mengejar mereka saat mereka berusaha melarikan diri dari penganiayaan di Mekah. Tradisi menyatakan bahwa seekor laba-laba membuat jaring di pintu masuk gua, dan seekor merpati bertelur di sana, membuat para pengejarnya percaya bahwa gua tersebut sudah lama tidak dimasuki.

Peristiwa ini diriwayatkan dalam sumber-sumber sejarah Islam dan melambangkan perlindungan ajaib dan bantuan ilahi yang diberikan kepada Nabi Muhammad pada masa kritis dalam sejarah Islam. Migrasi tersebut menandai awal kalender Islam dan merupakan titik balik awal perkembangan komunitas Muslim.

Inilah tiga mukjizat yang terjadi di Gunung Tsur yang dikenal juga dengan nama Jabal Tsur:

1. Guru Quraisy Memikirkan Rencana Pembunuhan Muhammad shallallahu alaihi wa sallam

Ketika migrasi ke Makkah dimulai, Quraisy merencanakan jebakan pembunuhan terhadap Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Ketika Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sedang tertidur di tempat tidurnya, melalui petunjuk Allah dia berhasil melarikan diri dan meninggalkan si kecil Ali Ibn Abi Thalib (RA) di belakang. Kemudian dia pergi ke Gua Tsur.

Sahabat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang paling setia adalah Abu Bakar (RA), dia meninggalkannya di Makkah. Quraisy mengirim pembunuh bayaran untuk membunuh Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan Abu Bakar (RA). Entah bagaimana, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan Abu Bakar (RA) mengetahui hal ini dan memutuskan untuk tinggal di dalam gua.

2. Muhammad shallallahu alaihi wa sallam Bertemu Ular di Gua Tsur!

Sebelum masuk ke dalam gua, Abu Bakar (RA) membersihkan gua tersebut sebelum Muhammad shallallahu alaihi wa sallam memasukinya. Banyak sekali Lubang Ular yang coba ditutup dengan sehelai pakaian oleh Abu Bakr (RA). Hanya ada satu lubang ular yang dibiarkan terbuka secara keliru. Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sangat lelah sehingga dia memutuskan untuk beristirahat di pangkuan Abu Bakar (RA). Ular yang dibiarkan terbuka itu kemudian ditutup oleh Abu Bakar (RA) dengan kakinya.

Lubang ular yang ditutupi oleh Abu Bakr (RA) dengan kakinya digigit oleh seekor ular. Dia tidak mengeluarkan kakinya dari lubang ular itu karena dia tahu Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sedang tidur, rasa sakit akibat gigitan ular itu begitu kuat hingga air mata mulai keluar dari matanya dan ketika air mata jatuh di pipinya Muhammad shallallahu alaihi wa sallam Dia bangun.

Setelah mengetahui ular itu telah menggigitnya, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam menggosokkan air liurnya pada tempat ular itu menggigit Abu Bakar (RA), lalu Abu Bakar (RA) mulai merasa rileks dan rasa sakitnya hilang dalam beberapa menit! Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan Abu Bakar (RA) kemudian tinggal di Gua selama 3 hari 3 malam.

3. Laba-laba dan Merpati Membantu Muhammad shallallahu alaihi wa sallam

Suatu saat, para pembunuh Quraisy hampir memasuki gua, namun keajaiban terjadi!

Ular dan Merpati memberikan tampilan pada gua seolah-olah tidak ada orang yang masuk ke dalam gua ini, namun Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan Abu Bakr (RA) sedang beristirahat di dalam gua itu! Laba-laba merajut jaringnya saat Merpati bertelur dan membuat tempat ini tampak seolah-olah belum pernah ada manusia yang memasuki gua ini!

Kemudian, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan Abu Bakar (RA) berhasil mencapai Madinah. Subhanallah! Beri tahu kami bagaimana perasaan Anda setelah membaca tentang semua keajaiban ini di komentar di bawah.


(ACF)