Memberi Makan Kucing itu Sedekah

N Zaid - Hewan 14/09/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Sebagian orang kerap membawa makanan kucing untuk diberikan kepada binatang menggemaskan itu di jalanan. Tidak heran kalau di sejumlah sudut di tempat umum, seperti halte, stasiun atau trotoar kerap ditemui makanan kucing. 

Memberi makan kucing peliharaan atau pun yang liar karena menyayangi binatang tersebut adalah kebiasaan yang baik apalagi jika diniatkan untuk sedekah.

Ya, memberi makan binatang termasuk kucing juga termasuk amal sedekah yang dapat dilakukan seorang muslim untuk mengharapkan pahala.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :

“Pada setiap yang mempunyai hati yang basah (hewan) itu terdapat pahala (dalam berbuat baik kepadaNya)” [HR Al-Bukhari : 2363]

“Barangsiapa yang tidak belas kasih niscaya tidak dibelaskasihi” [HR Al-Bukhari ; 5997, Muslim : 2318]

Ustaz Syafiq Riza Basalamah ketika ditanya soal apakah memberi makan kucing dihitung sebagai sedekah, mengutip hadits HR Al-Bukhari no 2363 itu. Kemudian lebih lanjut memberi pesan bahwa amalan yang terlihat sepele, termasuk memberi makan kucing, jangan diremehkan.

"Pahala sedakah bukan hanya kepada manusia, sampai kepada binatang pun kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada mereka," kata Ustaz Syafiq.


(ACF)
TAGs: Hewan