3 Qul, Amalan Nabi yang bisa Hilangkan Rasa Takut dan Cemas

Fera Rahmatun Nazilah - Doa Sehari-hari 09/03/2020
Photo by Colin Hawkins from Gettyimage
Photo by Colin Hawkins from Gettyimage

Oase.id- Malam gelap, hujan turun membasahi bumi Arab. Akan tetapi, para sahabat tetap semangat hendak melaksanakan salat berjamaah. Mereka, tengah menunggu kehadiran Nabi Muhammad Saw.

“Apakah kalian telah salat?” tanya Nabi Saw, tanpa ada yang berani menjawab.

Qul (katakanlah),” ucap Rasulullah Saw. Namun mereka tetap bergeming.

Nabi terus saja berkata “Qul” sampai tiga kali. Akan tetapi, tetap saja, belum ada seorang pun yang berani menyambut lantaran bingung apa yang dimaksud Rasul. 

Hingga khirnya salah seorang sahabat, Abdullah bin Khubaib memberanikan diri, “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan?”

Nabi bersabda, “Qul (bacalah surat) qul huwallahu ahad dan muawwidzatain, ketika sore dan pagi sebanyak tiga kali, maka Allah Swt akan mencukupkanmu (menjagamu) dari segala keburukan." (HR. Abu Daud)

 

Muawwidzatain adalah dua surat untuk memohon perlindungan kepada Allah Swt, yakni QS. Al-Falaq (qul a’udzu birabbil falaq) dan QS. An-Naas (qul a’udzu birabbin naas).

Dalam riwayat lainnya, disebutkan bahwa Rasulullah Saw pernah berkata kepada Ibnu ‘Abis, “Maukah engkau aku tunjukkan suatu perlindungan yang lebih utama dari perlindungan yang biasa diucapkan orang-orang?” 

“Tentu, ya Rasulullah,” jawab Ibnu ‘Abis.

Baca: 5 Orang yang Doanya Mustajab

 

Qul a'uudzu birabbil falaq (Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh) dan Qul a'uudzu birabbinnaas (Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai manusia); yaitu dua surat ini," terang Nabi Saw.

Ketika merasakan takut dan cemas, bacalah ketiga surah pendek ini sebanyak tiga kali  (Setiap pagi dan petang), niscaya Allah Swt akan melindungi kita dari segala keburukan. Baik keburukan yang datang dari manusia, hewan, jin, hingga hal lain seperti virus dan penyakit menular.

 

Sumber: Disarikan dari hadis dalam Sunan Abu Daud dan Sunan An-Nasa’i 


(FER)