Bacalah Doa ini Apabila Mengalami Mimpi Buruk

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari 10/06/2021
Gambar oleh Peter H dari Pixabay
Gambar oleh Peter H dari Pixabay

Oase.id - Mimpi adalah bunga tidur. Biasanya, kejadian dalam mimpi mustahil terjadi dalam dunia nyata. Kejadiannya juga di luar kuasa pemimpi itu sendiri.

Tak semua mimpi terasa indah. Tidak jarang orang mengalami mimpi buruk. Terkadang mimpi buruk membuat hati tidak tenang. Bahkan, bagi sebagian orang dianggap sebagai firasat buruk.

Saat mengalami mimpi buruk, untuk mengatasi kecemasan, maka kita dapat meminta perlindungan kepada Allah SWT. Caranya dengan memanjatkan doa.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

وعن أَبي سعيدٍ الخدرِيِّ رضي الله عنه أنَّه سَمِعَ النبيَّ صلى الله عليه وسلم يقول إِذَا رَأى أحَدُكُمْ رُؤيَا يُحِبُّهَا فَإنَّمَا هِيَ مِنَ اللهِ تَعَالَى فَلْيَحْمَدِ اللهَ عَلَيْهَا وَلْيُحَدِّثْ بِهَا وفي رواية فَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا إِلاَّ مَنْ يُحِبُّ وَإِذَا رَأَى غَيْرَ ذَلِكَ مِمَّا يَكْرَهُ فإنَّمَا هِيَ مِنَ الشَّيْطَانِ فَلْيَسْتَعِذْ مِنْ شَرِّهَا وَلاَ يَذْكُرْهَا لأَحَدٍ فَإنَّهَا لا تَضُرُّهُ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya: Jika kalian mengalami mimpi indah, maka itu dari Allah. Maka pujilah Allah atas nikmat tersebut (dengan bersyukur dan mengucapkan hamdalah) dan ceritakan kepada orang lain. Dan jika kalian mengalami mimpi buruk, maka itu dari Setan.

Mintalah perlindungan kepada Allah dari keburukan tersebut dan jangan ceritakan mimpi kalian kepada siapapun karena hal itu tidak berfaidah. (HR. Abu Sa’id Al Khudri)

Terdapat dua doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah mengalami mimpi buruk. Doa ini diriwayatkan oleh Ibnu Sinni. Yaitu sebagai berikut:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Artinya: Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Artinya: Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus