Ini 3 Manfaat Penting Teh Hijau bagi Kesehatan

Phooby Kamaratih - Kesehatan 01/03/2020
Photo by Maria Tyutina from Pexels
Photo by Maria Tyutina from Pexels

Oase.id– Teh hijau sudah berpuluh abad menjadi konsumsi andalan orang Asia. Olahan daun yang berasal dari daratan Tiongkok dan begitu populer dalam tradisi Jepang ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan.

Kandungan antioksidan yang terdapat di teh hijau berguna untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Dilansir dari Halodoc, konsumsi teh hijau secara rutin setidaknya bisa memberikan 3 manfaat ini;

 

Mengontrol berat badan

Menurut para ahli, kandungan senyawa catechin katekin pada teh hijau akan membakar lemak dalam tubuh. Karena itulah, teh hijau sering dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalani diet. Dengan terkontrolnya berat badan maka membuat tubuh menjadi terasa lebih bugar.

Baca: Detoksifikasi, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

 

Kesehatan mulut dan gigi

Antioksidan catechin dalam teh hijau akan menghentikan perkembangan bakteri yang menjadi masalah pada gusi berlubang dan keluhan lainnya. Antioksidan itu pun dapat mengurangi bau mulut. 

Minum teh hijau setiap pagi hari juga dipercaya bisa menghilangkan plak pada gigi.

 

Merawat sendi

Teh hijau mengandung jenis antioksidan bernama epigallocatechin gallate (EGCG) yang sangat banyak. Kandungan itu berfungsi sebagai antimutagenik, antidiabetik, antiinflamasi, antibakterial, dan antivirus. EGCG tersebut akan menghentikan sistem imun yang memproduksi molekul penyebab rematik.

Khasiat-khasiat dari teh hijau tidak akan berefek jika kita tidak memiliki pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi junk food, kurang berolahraga, kurang asupan air dan buah.


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan