5 Hal ini Mampu Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 24/07/2021
Gambar oleh Surprising_Shots dari Pixabay
Gambar oleh Surprising_Shots dari Pixabay

Oase.id – Saat ini banyak sekali informasi terkait dengan efek samping vaksin Covid-19 mulai dari demam hingga muntah. Para ahli menyebutkan bahwa hal ini wajar terjadi. Menurut CDC (Centers for Disease Control), efek samping yang paling umum antara lain nyeri lengan, kemerahan di bekas suntikan, kelelahan, demam ringan, sakit kepala, kedinginan, mual atau muntah. Umumnya, efek di atas hanya berlangsung selama 24 hingga 48 jam setelah tubuh menerima suntikan.

Mendapatkan vaksinasi akan membantu melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19. Dilansir dari eatingwell.com, berikut lima hal yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri setelah menerima vaksin :

1. Beristirahat dengan baik

Dokter spesialis penyakit dalam di Westmed Medical Group in Westchester, New York r. Nicholas Pantaleo, M.D. mengatakan dengan istirahat yang cukup dan tidur nyenyak di malam sebelum vaksin akan membantu mengurangi efek samping pada tubuh. Lalu, Istirahat selama satu sampai dua hari setelah vaksin untuk menghindari efek samping berkepanjangan terutama dosis vaksin kedua.

2. Hidrasi

“Secara umum, banyak istirahat dan tetap terhidrasi dengan baik satu hingga dua hari setelah vaksin dapat membantu dan tetap terhidrasi dengan baik setelah vaksinasi setidaknya selama dua hari,” ujar Nicholas Pantaleo. Untuk mempermudah konsumsi air, disarankan untuk membeli botol air minum ekstra besar agar dapat disimpan dan menjaga tubuh tetap hidrasi.

3. Letakkan es pada bekas suntikan

Jika lengan mulai terasa sakit atau sedikit bengkak, "beri kompres dingin atau kompres es," saran Pantaleo. Ini dapat membantu meringankan kemungkinan pembengkakan atau nyeri.

4. Tetap bergerak

Jika memungkinkan, cobalah melakukan latihan tubuh bagian secara ringan untuk meningkatkan energi. “Gerakkan lengan yang disuntikkan sesering mungkin untuk mencegah rasa sakit atau nyeri yang berkelanjutan,” kata Pantaleo. Hal ini juga berlaku setelah penyuntikan apapun agar rasa nyeri mereda lebih cepat.

5. Menyediakan obat nyeri

Tetap menyediakan dan mengonsumsi obat pereda nyeri atau demam setelah menerima vaksin dapat berguna untuk membantu meringankan efek samping pasca vaksinasi. Kecuali sebelumnya tubuh dianjurkan untuk menghindari obat Pereda nyeri seperti Tylenol atau Ibuprofen.

“Obat-obatan yang dijual bebas boleh dikonsumsi sesuai dengan petunjuk label,” jelas Pantaleo.


(ACF)