Tips Memanfaatkan Puasa Syakban untuk Program Diet Sempurna hingga Ramadan

Phooby Kamaratih - Ramadan 2020 26/03/2020
Photo by mentatdgt from Pexels
Photo by mentatdgt from Pexels

Oase.id- Berpuasa bisa menghadirkan aura positif bagi tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Ramadan sering dianggap sebagai satu-satunya bulan bisa dimanfaatkan orang-orang untuk memperbaiki kualitas tubuh melalui kewajiban berpuasa. Padahal, proses pembaharuan pola makan, pengendalian diri, melatih kedisiplinan, dan mengembangkan empati dan kepedulian sosial itu akan melahirkan hasil lebih baik jika dilakukan dalam waktu yang lebih panjang.

Mengutip Alodokter, diet atau penurunan berat badan yang direkomendasikan adalah 0,5 hingga 1 kilogram per-minggu. Jadi, untuk menurunkan berat badan sebesar 5-8 kilogram, kamu bisa melakukannya selama 8 minggu. Dari hitungan tersebut, maka amat pas jika kita memulainya sejak awal Syakban sampai pengujung Ramadan.

Berikut adalah tips mengawal diet dengan memanfaatkan puasa sunah selama bulan Syakban hingga Ramadan;

 

Kandungan air

Perbanyaklah konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Berpuasa selama kurang lebih 12 jam membuat tubuh banyak kehilangan cairan. Minumlah sekurangnya 10 gelas di waktu malam demi menggantikan cairan yang hilang di siang hari.

Baca: Ramadan kian Dekat, Jauhi 5 Makan Ini Demi Lambung Sehat

 

Tidak hanya minum, perbanyak pula konsumsi makanan yang mengandung air. Semangka, menjadi pilihan baik untuk menjadi pencuci mulut saat santap sahur dan berbuka puasa.

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola. Kafein bisa membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil yang dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman bersoda dengan gula berlebih juga akan menambah kalori dan merusak pola diet yang sedang dilakukan.

 

Makanan yang tepat

Utamakan menyajikan menu sehat saat santap sahur. Hal ini berfungsi agar asupan energi memenuhi kadar cukup bagi tubuh.

Makanan karbohidrat kompleks yang terdiri dari buah, sayuran, kacang-kacangan, dan buncis akan mejadi sumber energi yang tahan lama sepanjang hari. 

 

Cobalah ganti menu berbuka puasa dengan makanan yang memiliki lemak tak jenuh dan sehat seperti alpukat, kacang tawar, salmon, atau minyak zaitun. Makan 3 buah kurma ketika berpuasa juga bisa menjadi sumber serat yang sangat baik.

 

Menu sahur

Oatmeal dengan smoothie susu rendah lemak cocok untuk santapan sahur bagi yang berdiet. Buatlah dengan buah segar. Kemudian, sup berisi wortel cincang, seledri, dan bawang. 

Menu akan makin lengkap dengan rebusan sayur-sayuran seperti labu, kentang, dan buncis.

Baca: Ramadan Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Suci

 

Hidangan berbuka

Untuk berbuka puasa, bolehlah menyajikan menu dari olahan ayam yang dipanggang, dilengkapi dengan sayuran tumis, kemudian disajikan bersama buncis.

Jika tida, bisa dengan memanfaatkan menu ikan bakar lengkap dengan sayuran panggang dan nasi merah.


(SBH)
TAGs: Ramadan 2020