Ramadan Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Suci

Phooby Kamaratih - Ramadan 2020 19/02/2020
Photo by mentatdgt from Pexels
Photo by mentatdgt from Pexels

Oase.id– Kurang dari 100 hari lagi bulan Ramandan tiba. Sudah siapkah kita menyambut bulan mulia?

Menjelang Ramadan, banyak hal yang mesti dipersiapkan seperti belanja kebutuhan berbuka puasa dan santao sahur, seperti stok makanan, sirup, hinga sayur mayur dan daging. Akan tetapi, ada beberapa hal penting lain yang tak boleh tertinggal dalam rangka menyiapkan diri menyambut bulan suci.

 

Perlengkapan ibadah

Periksa kembali perlengkapan ibadah yang dimiliki. Apakah mukenah, sarung, atau sajadahmu masih layak pakai? Cuci atau menabunglah untuk membeli perlengkapan salat yang baru demi memaksimalkan kenyamanan dalam beribadah di bulan penuh pahala.

 

Baca: Jangan Ketinggalan, Ini Jadwal dan Cara Pemesanan Tiket KA Lebaran 2020

 

Lemari pendingin

Membersihkan lemari es untuk tetap menjaga bahan makan tetap bersih dan terjaga selama Ramadan merupakan perkara penting. Selain itu, periksa pula kondisi dan fungsi peralatan masak praktis seperti microwave dan lain sebagainya.

Sebab, alat-alat tersebut sudah nyaris pasti akan sangat membantu dalam menyiapkan santap sahur nanti. 

 

Menjaga tubuh 

Mulailah berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi agar tetap sehat hingga Ramadan menjelang. Kurangi porsi makan agar tubuh mulai terbiasa dengan pola makan terjadwal di bulan Ramadan. 

 

Kurangi mengemil

Mengurangi mengemil menjadi hal baik dilakukan jelang puasa. Cobalah secara perlahan mengurangi kebiasaan itu terutama di waktu siang. 

 

Jam tidur

Kembali mengatur jam tidur. Saat Ramadan tiba, kita harus terbiasa bangun di waktu sahur dan berimbas pada kurangnya waktu tidur. Dengan memulai kembali kebiasaan tidur di awal waktu niscaya akan terbiasa untuk memulai aktivitas di pagi hari. 

 

Mengkaji agama

Perdalam aneka ibadah dan kesunahan yang bisa dilakukan selama Ramadan. Carilah ustaz untuk memperdalam persiapan menyambut bulan suci. Jangan lupa, jika masih memiliki utang puasa di tahun lalu, kita masih punya kesempatan untuk melaksanakan qadha agar terhindar dari dosa. 


(SBH)
TAGs: Ramadan 2020