Ramadan kian Dekat, Jauhi 5 Makan Ini Demi Lambung Sehat

Phooby Kamaratih - Ramadan 2020 10/03/2020
Photo by Darko Djurin from Pixabay
Photo by Darko Djurin from Pixabay

Oase.id– Ramadan 1441 H diperkirakan jatuh pada 23 April 2020. Itu berarti, tak lama lagi kita akan memasuki bulan suci.

Ramadan menjadi bulan yang dinanti. Sebagian Muslim, bahkan sudah banyak yang mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya dengan berbagai macam persiapan, termasuk, mulai menyesuaikan pola dan waktu makan yang berubah.

Yang penting dicatat adalah, perubahan pola dan waktu makan saat Ramadan sangat mempengaruhi kualitas lambung. Untuk itu, alangkah baiknya mulai dari sekarang mempersiapkan diri dengan cara menghindari makanan yang bisa mengganggu sistem pencernaan.

Dilansir dari Halodoc, berikut adalah 5 makanan yang patut dihindari demi terjaganya kualitas lambung dan pencernaan dalam rangka menyongsong kewajiban berpuasa saat Ramadan;

 

Makanan berlemak

Siapa yang tak suka nasi padang? Rasanya yang sedap dan gurih, memang cocok disantap saat lapar, terlebih ketika berbuka puasa.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa kekayaan rempah, minyak, santan, lemak, dan pedas dalam kandungan lauk pauk di dalamnya bisa memicu peningkatan tekanan asam lambung ketika dikonsumsi secara berlebihan.

 

Rasa asam

Mulailah untuk mengurangi memakan buah dengan rasa serba asam, seperti jeruk, lemon, anggur, dan lainnya.

Meskipun baik karena mengandung vitamin C, akan tetapi asam pada buah juga bisa memicu kadar asam pada lambung mengingkat. Kelebihan asam lambung, tentu akan mengganggu bermacam aktivitas, apalagi ketika di siang hari saat berpuasa.

 

Kopi

Kopi makin menjelma sebagai minuman kekinian. Akan tetapi, kopi juga bisa merangsang rasa tidak nayaman pada lambung. 

Sebenarnya, tidak cuma kopi yang mesti dihindari demi terhindar dari keluhan maag. Minuman lain, seperti sari buah dan susu full cream juga cukup patut dipantang.

 

Bercuka dan pedas

Makanan pedas dan bercuka juga termasuk kelompok makanan penyebab masalah pada lambung. Makanan ini mesti diwaspadai bagi orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit maag karena bisa mengiritasi lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri pada ulu hati.

 

Baca: Ramadan Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Suci

 

Bawang putih

Bawang putih termasuk ke dalam bumbu masakan yang berpotensi bisa menyebabkan asam lambung. Meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi bawang putih juga memiliki kemungkinan dapat meningkatkan risiko terjadinya asam lambung dengan kadar dampak yang berbeda-beda bagi setiap orang.  


(SBH)
TAGs: Ramadan 2020