Orang Tua Wajib Tahu! Ini Doa Agar Anak Jadi Soleh dan Solehah Serta Cerdas

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Doa anak 15/11/2021
Doa agar anak soleh dan solehah (15329403 dari Pixabay)
Doa agar anak soleh dan solehah (15329403 dari Pixabay)

Oase.id - Orang tua umumnya mengamalkan doa untuk anak laki-laki dan perempuan agar menjadi anak soleh dan solehah. Biasanya, orang tua juga menaruh harapan agar anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Anak yang tumbuh cerdas pada umumnya membanggakan kedua orang tuanya.

Para nabi sebenarnya telah mengajarkan beberapa lafal doa untuk anak. Beberapa di antaranya terangkum dalam Al-Quran dan Hadis.

Berikut, doa yang bisa diamalkan para orang tua agar anak-anaknya jadi anak yang soleh dan solehah, serta cerdas.

1. Doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim AS saat memohon kepada Allah Swt agar dianugerahi seorang anak yang soleh dan taat. Tidak hanya itu, Nabi Ibrahim melafalkan doa ini sekaligus dianugerahi anak yang bisa membantunya dalam menyiarkan dakwah. Doa Nabi Ibrahim AS pun dikabulkan oleh Allah SWT. Sehingga lahirlah Nabi Ismail AS.

Doa ini termaktub dalam surat As-Saffat ayat 100, yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh."

2. Doa lain yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim melalui doa ini memohon agar keturunannya menjadi soleh dan solehah. Keturunan yang senantiasa terjaga salatnya dan hanya beribadah kepada Allah Swt.

Berikut bunyi doa yang termaktub dalam surat Ibrahim ayat 35 dan 40:

رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الأصْنَامَ

Artinya: "... Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.”

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

3. Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Zakaria AS. Beliau saat itu terkagum dengan kemuliaan dan kecerdasan seorang perempuan bernama Maryam. Karena kekagumannya itulah membuat Nabi Zakaria meminta kepada Allah agar dikaruniai seorang anak yang serupa dengan kecerdasan dan kemuliaan Maryam.

Adapun lafal doanya termaktub dalam surat Ali Imran ayat 38:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

4. Doa lainnya ditunjukkan dalam firman Allah SWT dalam surat Al Furqan ayat 40.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: "...... Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."

5. Yang terakhir adalah doa agar menjadi cerdas. Pada umumnya orang tua mengidamkan anak yang cerdas. Berikut lafal doanya:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

Dengan mengamalkan beberapa doa di atas, semoga Allah SWT senantiasa memberikan karunia anak yang anak yang Soleh dan Solehah serta cerdas pikirannya. Sehingga membawa keberkahan untuk agama dan bangsa. Amin YRA..


(ACF)