Mudah Diamalkan, Begini Doa untuk Mengusir Jin dan Setan

Al Quran (Gambar oleh Fauzan My dari Pixabay)
Al Quran (Gambar oleh Fauzan My dari Pixabay)

Oase.id - Terkadang kita menemukan tempat seperti rumah, kantor, atau tempat-tempat lain yang diganggu oleh jin atau setan. Bahkan, ada pula jin yang mengganggu manusia baik secara kasat mata seperti kesurupan, maupun tidak. Biasanya gejala yang muncul ditandai dengan cemas, gelisah, bicara tak karuan, sakit tidak jelas, dan gejala aneh lainnya. 

Apabila berhadapan dengan kondisi demikian, maka kita dapat melakukan upaya pengusiran. Caranya dengan mengamalkan doa yang diajarkan dalam agama Islam. Memanjatkan doa kepada Tuhan juga merupakan salah cara untuk menunjukkan keimanan dan kepercayaannya pada Sang Pemilik alam beserta isinya ini.

Berikut doa-doa untuk mengusir jin dan setan dari rumah yang mudah diamalkan:

1. Ayat Kursi

Ayat kursi adalah sebuah ayat yang terkandung dalam surat Al-Baqarah ayat 255. Seluruh umat Islam penting mengamalkannya. Sebab, ayat kursi ini memiliki begitu banyak keutamaan bagi yang membacanya. Salah satu keutamaan yang paling besar adalah orang yang membacanya akan mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. 

Jadi, ayat ini bisa diamalkan untuk mengusir jin atau setan dari rumah.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

2. Surat An-Nas

Pada dasarnya, surah An-Nas berisi petunjuk mengenai tempat berlindungnya manusia dari berbagai godaan. Selain itu, juga menjelaskan bahwa godaan tersebut tidak hanya yang berasal dari bisikan setan saja, tetapi juga manusia.

Surah ini mudah diamalkan. Sebab, hanya terdiri dari enam ayat. Berikut bacaan beserta artinya:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ
مَلِكِ النَّاسِۙ
اِلٰهِ النَّاسِۙ
مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ
الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ
مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Artinya: Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

3.Surat Al-Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ
مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ
وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ
وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ
وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

Demikian doa-doa yang mudah diamalkan. Semoga Allah selalu melindungi rumah kita dan terhindar dari segala gangguan jin dan setan. Amin YRA.
 


(ACF)