Macam-macam Doa yang Bisa Dibaca saat Hujan, Agar Membawa Berkah

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Doa saat Hujan Al-Quran 04/11/2021
Doa yang bisa dibaca saat Hujan (Foto: Pexels dari Pixabay)
Doa yang bisa dibaca saat Hujan (Foto: Pexels dari Pixabay)

Oase.id - Sebagian wilayah di Indonesia sudah mulai masuk musim hujan. Sejumlah wilayah hampir tiap hari diguyur hujan. Hujan tidak semata-mata turun ke muka bumi. Dalam ajaran Islam, hujan mengandung tujuan dan makna tersendiri.

Dalam Al-Quran sangat banyak sekali ayat-ayat Allah yang menjelaskan dan menyebutkan mengenai hujan dalam kehidupan manusia. Salah satunya terdapat dalam QS. Al A’raf  ayat 57.

Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa hujan merupakan kabar gembira. Turunnya hujan memberikan nikmat yang luar biasa. Air hujan diturunkan Allah untuk menyuburkan tanah yang tandus. 

Kemudian menjadikan tanah-tanah tersebut menjadi subur sehingga tumbuh tanam-tanaman. Hasilnya bermanfaat bagi manusia.

Selain itu, agar semakin membawa berkah, berikut macam-macam doa yang bisa dibaca pada saat hujan

Doa Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami yang bermanfaat." (HR. Bukhari Muslim)

Doa Saat Turun Hujan Deras

Berikut bacaan doa yang dapat dipanjatkan saat turun hujan lebat agar diberikan keberkahan dan perlindungan:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya: "Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Bukhari Muslim)

Doa Turun Hujan dan Angin Kencang

Imam Muslim dalam suatu hadis menyebutkan bahwa Rasulullah SAW membaca doa turun hujan yang disertai angin kencang berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Doa Turun Hujan Disertai Petir

Apabila turun hujan disertai petir, maka bacalah doa ini agar selalu dilindungi oleh Allah SWT:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Artinya: "Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya." (HR. Imam Malik)


(ACF)