Menengok Samarkand dengan Daya Pikat Sejarah dan Budayanya

N Zaid - Wisata Kuliner 31/12/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Samarkand adalah kota abad ke-7 di Jalur Sutra, jalur perdagangan terkenal yang membentang dari Cina ke Mediterania. Dengan jejak sejarahnya, tempat ini menyimpan eksotisme yang penuh daya tarik. 

Samarkand, saat ini, di Uzbekistan masih memiliki jejak status sebelumnya sebagai bagian dari Uni Soviet, dan kota ini dipengaruhi, baik secara linguistik maupun etnografis, oleh negara-negara yang berbatasan. Tajik Persia, Rusia, dan Uzbek adalah bahasa yang paling banyak digunakan. Pariwisata regional melalui Kyrgyzstan dan Kazakhstan dominan; seperti halnya investasi dan hubungan perdagangan dengan China dan Rusia.

Samarkand mungkin bukan daya tarik wisata utama, tetapi ada banyak pilihan akomodasi yang bagus, termasuk hotel bintang lima dan empat seperti Samarkand Regency Amir Timur atau Savitsky Plaza, dinamai Igor Savitsky dan menampilkan beberapa karya seni avant-garde miliknya. Ada juga beberapa pilihan butik yang menarik, termasuk Sangzor Hotel di Registan Square.

Seperti yang Anda harapkan dari kota yang telah ada selama 1.400 tahun, Samarkand kaya akan budaya dan sejarah, dan memiliki beberapa arsitektur yang menakjubkan.

Gur-e-Amir, atau mausoleum Amir Temur, adalah tempat penakluk Turco-Mongolia dan pahlawan nasional Uzbekistan, Amir Temur, bersama putra dan cucunya. Pintu masuk ke halaman menampilkan muqarnas yang rumit, desain bergaya sarang lebah yang umum di seluruh dunia Islam. Ruang dalam dulunya terbuat dari emas, batu giok, dan onyx, tetapi setelah berabad-abad dijarah telah dipugar dengan bahan yang lebih murah. Meskipun demikian, itu tetap sebuah karya seni.

Mungkin pengingat terbesar dari Renaisans Timurid — ketika Samarkand menyaksikan kebangkitan seni dan sains, serta pembangunan masjid dan madrasah — adalah Alun-alun Registan. Tidak jauh dari Gur-e-Amir, alun-alun menampung tiga madrasah, dan di sinilah beberapa pemikir terbesar abad ke-14 dan ke-15 — termasuk cucu Amir Temur, astronom terkenal Ulugh Beg — mengejar studi Islam, astronomi, dan sains.

Ketiga struktur tersebut adalah contoh arsitektur Islam yang bagus: jalan masuk yang megah dengan pola geometris yang ditata dengan pola biru dan ubin pirus mengarah ke halaman. Kaligrafi Kufi ditorehkan di menara dan kubah, dalam karya ubin berlapis kaca yang sama indahnya. Dan meskipun toko-toko suvenir sekarang menempati asrama dan lorong-lorong madrasah, bangunan-bangunan itu tetap mempertahankan suasana khidmat.

Madrasah Sher-e-Dor di sebelah kanan, khususnya, menampilkan mozaik harimau dan manusia, melambangkan pencarian manusia akan pengetahuan.

Dengan lengkungan jendela yang rumit, kisi-kisi, dan taman yang luas, alun-alun ini mengingatkan pada Makam Humayun dan Taj Mahal di India. Ini tidak mengejutkan. Lagi pula, Babur adalah salah satu dari cucu Amir Temur yang menaklukkan Kesultanan Delhi dan mendirikan Kekaisaran Mughal pada abad ke-15.

Lebih jauh lagi, Nekropolis Shah-i-Zinda adalah makam perumahan kompleks tiga tingkat dari kerabat Amir Temur, kaki tangan dekat, dan ulama. Yang paling menonjol di antara mereka adalah Kusam (Qutham) ibn Abbas, sepupu Nabi Muhammad. Kecemerlangan Shah-i-Zinda - kubah safirnya yang megah dan pintu masuk berubin dengan struktur kelabu tua yang kontras - hanya dapat benar-benar diambil saat Anda menaiki tangga dan melihat ke belakang ke setiap tingkat. Itu juga berisi beberapa titik pandang yang memberikan pemandangan indah kota dan pemakaman lokal di sebelahnya.

Sekitar 20 menit dari pusat Samarkand terdapat Kota Abadi, rekreasi kota Uzbekistan kuno dengan toko pengrajin dan kafe lokal. Ini populer di kalangan penduduk setempat untuk liburan keluarga dan meskipun bangunannya mungkin tidak asli, pengalaman budayanyalah yang asli. Misalnya, Anda dapat melihat bagaimana samsa (mirip dengan samosa) dibuat di atas tandyr di sini.

Dalam hal makanan, pola makan Uzbekistan terkenal dengan banyak daging (sampai-sampai menjadi masalah kesehatan utama). Hidangan nasional - plov, dibuat dengan kismis montok dan wortel manis karamel - dikenal bahasa sehari-hari di Arab Saudi sebagai 'nasi Bukhara' dan biasanya dimakan untuk sarapan dan makan siang.

Keistimewaan lainnya termasuk lagman — mie tarik yang direbus dalam kaldu daging dan dill yang konon berasal dari wilayah Uyghur — dan manti Uzbek (pangsit yang diisi dengan daging dan kentang).

Jika Anda ingin melihat beberapa situs kota yang kurang dikenal, tur jalan kaki "Invisible Samarkand" selama dua jam yang dimulai dari Masjid Bibi-Khanum akan membawa Anda melewati lingkungannya yang beragam, termasuk hammam kuno dan tempat tinggal yang dibangun untuk para pengungsi yang datang dari bagian lain dari Uni Soviet pada 1960-an.

Daya pikat Samarkand memang terletak pada sejarahnya yang kaya dan latar belakang budaya yang beragam.(arabnews)


(ACF)