5 Hal Tentang Islam di Eropa yang Perlu Kamu Ketahui

N Zaid - Pergaulan Islam 29/12/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Muslim adalah minoritas yang relatif kecil di Eropa, sekitar 5% dari populasi. Namun, di beberapa negara, seperti Prancis dan Swedia, jumlah penduduk Muslim lebih tinggi. Dan, dalam beberapa dekade mendatang, populasi Muslim di benua itu diperkirakan akan tumbuh – dan bisa lebih dari dua kali lipat, menurut proyeksi Pew Research Center.

Pergeseran demografis ini telah menyebabkan pergolakan politik dan sosial di banyak negara Eropa, terutama setelah kedatangan jutaan pencari suaka baru-baru ini, banyak di antaranya adalah Muslim. Dalam pemilu nasional baru-baru ini di Prancis dan Jerman, misalnya, imigrasi—dan khususnya imigrasi Muslim—menjadi isu utama.

Menggunakan perkiraan populasi terbaru Pew Research Center, berikut adalah lima fakta tentang ukuran dan susunan populasi Muslim di Eropa:

1. Prancis dan Jerman

Prancis dan Jerman memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa (didefinisikan sebagai 28 negara anggota Uni Eropa saat ini ditambah Norwegia dan Swiss). Pada pertengahan 2016, terdapat 5,7 juta Muslim di Prancis (8,8% dari populasi negara) dan 5 juta Muslim di Jerman (6,1%). Negara UE di mana Muslim merupakan bagian terbesar dari populasi adalah Siprus: 300.000 Muslim di negara pulau itu membentuk sekitar seperempat (25,4%) dari populasinya, dan sebagian besar adalah Siprus Turki dengan akar yang dalam di Siprus.

2. Berkembang pesat

Jumlah Muslim dari total populasi Eropa terus meningkat dan akan terus tumbuh dalam beberapa dekade mendatang. Dari pertengahan 2010 hingga pertengahan 2016 saja, pangsa Muslim di Eropa naik lebih dari 1 poin persentase, dari 3,8% menjadi 4,9% (dari 19,5 juta menjadi 25,8 juta). Pada tahun 2050, pangsa populasi Muslim di benua itu bisa lebih dari dua kali lipat, meningkat menjadi 11,2% atau lebih, tergantung pada seberapa banyak migrasi yang diperbolehkan ke Eropa. Bahkan jika migrasi di masa depan dihentikan secara permanen, populasi Muslim masih akan meningkat menjadi sekitar 7,4%, karena relatif muda dan tingkat kesuburan yang tinggi dari penduduk Muslim Eropa saat ini.

3 Banyak anak

Muslim jauh lebih muda dan memiliki lebih banyak anak daripada orang Eropa lainnya. Pada tahun 2016, usia rata-rata Muslim di seluruh Eropa adalah 30,4 tahun, 13 tahun lebih muda dari rata-rata orang Eropa lainnya (43,8). Dilihat dari sisi lain, 50% dari semua Muslim Eropa berusia di bawah 30 tahun, dibandingkan dengan 32% non-Muslim di Eropa. Selain itu, rata-rata wanita Muslim di Eropa diharapkan memiliki 2,6 anak, lebih banyak satu anak daripada rata-rata wanita non-Muslim (1,6 anak).

4. Faktor migrasi

Antara pertengahan 2010 hingga pertengahan 2016, migrasi merupakan faktor terbesar pendorong pertumbuhan populasi Muslim di Eropa. Diperkirakan 2,5 juta Muslim datang ke Eropa untuk alasan selain mencari suaka, seperti untuk bekerja atau bersekolah. Sekitar 1,3 juta lebih Muslim menerima (atau diharapkan menerima) status pengungsi, yang memungkinkan mereka untuk tetap tinggal di Eropa. Diperkirakan 250.000 Muslim meninggalkan wilayah itu selama periode ini.

Pertumbuhan alami adalah pendorong sekunder: Di antara Muslim Eropa, ada 2,9 juta lebih banyak kelahiran daripada kematian selama periode ini. Perpindahan agama diperkirakan menjadi faktor kecil dalam perubahan populasi Muslim, dengan sekitar 160.000 lebih banyak orang beralih dari Islam daripada berpindah keyakinan selama periode ini.

5. Pandangan negatif dan positif

Pandangan Muslim sangat bervariasi di negara-negara Eropa. Sebuah survei Pew Research Center tahun 2016 yang dilakukan di 10 negara menemukan bahwa pandangan negatif tentang Muslim berlaku di Eropa timur dan selatan. Namun, mayoritas responden di Inggris, Jerman, Prancis, Swedia, dan Belanda memberikan peringkat yang baik bagi Muslim. Pandangan tentang Muslim terkait dengan ideologi. Sementara 47% orang Jerman di sayap kanan politik memberi Muslim peringkat yang tidak baik, hanya 17% di kiri yang melakukannya. Kesenjangan antara kiri dan kanan juga kira-kira 30 poin persentase di Italia dan Yunani.(pewresearch)


(ACF)