4 Kiat Menghilangkan Problem Susah Tidur

Phooby Kamaratih - Kesehatan 06/05/2020
 Photo by Gerhard Gellinger from Pixabay
Photo by Gerhard Gellinger from Pixabay

Oase.id– Sulit tidur memang menjadi masalah besar bagi banyak orang. Kualitas tidur yang buruk bisa berdampak pada produktivitas yang menurun.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang susah tidur, akan tetapi yang paling dominan adalah kecemasan. 

Baca: Doa Ketika Dilanda Insomnia

 

Berikut adalah 4 kiat agar kualitas tidurmu kembali membaik, rileks, dan nyaman;

 

Kurangi cahaya radiasi di malam hari

Dilansir dari healthline.com, Martha Hotz Vitaterna dalam Overview of Circadian Rhythms menjelaskan, cahaya radiasi yang dipancarkan perangkat elektronik seperti telepon genggam dan komputer akan membuat ritme sirkadian pada otak selalu berprasangka masih adanya sinar matahari.

Oleh sebab itu, meminimalkan cahaya 2 jam sebelum tidur menjadi penting agar istirahat malam bisa terasa rileks dan nyenyak.

 

“Berhentilah untuk menonton TV dan mematikan lampu kamar 2–3 jam sebelum tidur,” kata Martha.

Baca: Tips Salat Tarawih di Rumah Tanpa Kantuk

 

Jangan mengonsumsi kafein di sore hari

Konsumsi minuman mengandung kafein pada sore hari dipercaya akan membuat tubuh mampu meningkatkan fokus dan energi. Hal ini, juga akan membuat seseorang tidak gampang menerima kegiatan berbentuk relaksasi atau tidur santai di malam hari.

Drake C dalam Caffeine Fffects on Sleep menjelaskan, mengonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur secara signifikan akan memperburuk kualitas istirahat di malam hari.

“Kafein akan tetap bekerja atau tinggi dalam tubuh selama 6-8 jam. Karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kafein di sore hari," jelas Drake.

 

Mengurangi tidur siang

Tidur siang yang terlalu panjang akan membuat tubuh kehilangan jam tidur yang dibutuhkan di malam hari.

Dalam jurnal Good sleep, Bad Sleep!: The role of daytime naps in healthy adults, Harry S menjelaskan, standar waktu tidur siang cukup dengan 30 menit saja. Jika berlebih, hal itu bisa mengganggu dan mengancam kualitas tidur di malam hari. 

Baca: Kiat Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lembab saat Berpuasa

 

Membuat jadwal tidur

Konsistensi pada jam tidur akan membantu tubuh akan mudah untuk beristirahat. Cobalah membuat jadwal waktu tidur sesuai dengan kebutuhan orang dewasa. Yang terpenting, patuhilah jadwal tersebut bahkan di akhir pekan.

Menurut hasil penelitian Pusat Gangguan Tidur Anak, Departemen Neurologi Perkembangan dan Psikiatri, University Roma La Sapienza, seseorang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur dan suka begadang menunjukkan gejala kualitas tidur yang buruk secara permanen. 


(SBH)
TAGs: Kesehatan