Tips Salat Tarawih di Rumah Tanpa Kantuk

Phooby Kamaratih - Ramadan 2020 27/04/2020
Photo by MOHD SYAHIDEEN OSMAN from Pixabay
Photo by MOHD SYAHIDEEN OSMAN from Pixabay

Oase.id– Salat tarawih menjadi ritual paling spesial kala Ramadan. Meskipun, untuk tahun ini suasananya mesti berbeda. Salat Tarawih tak lagi dilakukan di masjid mengingat masyarakat sedang dilanda keprihatinan akibat mewabahnya virus korona (Covid-19).

Melaksanakan salat tarawih di rumah juga bukan perkara mudah. Ada saja godaannya, dari mulai bermalas-malasan, hingga rasa kantuk menyerang.

Nah, agar tidak menyesal ketika Ramadan usai, cobalah ikuti tips berikut demi salat tarawihmu lancar tanpa kantuk;

 

Jangan makan terlalu banyak

Saat berbuka puasa, terkadang lupa bahwa kita masih punya tanggung jawab melaksanakan ibadah tarawih maupun tadarus Al-Qur'an. Akibatnya, kita makan terlalu banyak hingga mengganggu kenyamanan tubuh saat bergerak.

Berbuka puasa dengan memakan menu terlalu banyak bisa menyebabkan datangnya rasa kantuk dan lemas. Berbukalah secukupnya, atau kalau perlu membatalkan puasa dengan sekadar menghilangkan haus dan memakan sedikit takjil atau camilan.

Makan besar, lebih baik dilakukan setelah mengerjakan salat tarawih.

Baca: Kandungan pada Minuman yang Harus Dihindari saat Berpuasa di Masa Pandemi 

 

Tidur siang

Sempatkan tidur siang meski sejenak. Dengan tidur siang, jam tidur malammu yang sedikit diundur karena akan melaksanakan salat tarawih sudah cukup tergantikan.

Akan tetapi, perlu diingat juga, tidur siang saat berpuasa biasanya malah memakan waktu yang lama. Usahakan tidur siangmu dilakukan secukupnya, karena ketiduran terlalu lama pun berimbas tak baik di waktu malamnya. 

 

Jangan tergesa-gesa

Kerjakan ibadah salat tarawih dengan khusyuk dan tidak tergesa-gesa. Mendirikan salat dengan tenang, justru akan membuat badan rileks dan mampu mengerjakan tarawih tanpa menguras banyak tenaga.

Satu lagi, ketika kamu khusyuk dan tenang, niscara rasa kantukmu juga hilang.

 

Perlengkapan salat

Gunakan perlengkapan salat yang bersih dan wangi. Keberadaan mukena, sarung, peci, sajadah yang harum dan rapi dipercaya akan meningkatkan mood dan rasa nyaman saat salat. 

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah menyiapkan stok perlengkapan salat lebih dari satu. Tujuannya, agar mempermudah kita dalam mengganti yang sudah kotor dengan yang baru dan bersih.

Baca: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental

 

Jangan rebahan

Godaan berat usai berbuka puasa adalah keinginan bersantai dengan membaringkan badan meski sebentar. Padahal, rebahan dengan kondisi perut kenyang bisa mengundang kantuk maupun rasa malas dalam melaksanakan kegiatan setelahnya. 

Setelah berbuka, coba alihkan keinginan bersantaimu dengan peregangan ringan. Atau, jika ingin bermanfaat ganti peregangan kecil itu dengan mencuci piring atau menyapu. 

Aktivitas setelah berbuka, dipercaya membuat fokus dan menghilangkan kantuk ketika melaksanakan salat tarawih. 


(FER)
TAGs: Ramadan 2020