Bantu Pelajar, DMI Imbau Masjid Dipasangi WiFi

Medcom.id - Masjid 03/08/2020
Photo by Kautsar from Medcom.id
Photo by Kautsar from Medcom.id

Oase.id- Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Natsir Zubaidi mengajak masjid memasang pemancar internet atau WiFi gratis. Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan siswa yang belajar jarak jauh saat pandemi Covid-19.
 
"Masjid hendaknya bisa memasang WiFi guna bantu anak usia sekolah untuk belajar di masa pandemi covid-19 ini," kata Natsir di Jakarta, Senin, 3 Agustus 2020.

WiFi gratis bisa dipakai anak usia sekolah yang kini belajar dari rumah namun tak punya fasilitas memadai. Dia menyebut Indonesia memiliki wilayah yang luas sehingga muncul disparitas fasilitas jaringan internet.

 

Masjid di Indonesia harus berperan membantu siswa yang memiliki keterbatasan akses. "Masjid yang jumlahnya sekitar 850 ribu itu bisa membantu memberikan fasilitas belajar mengajar baik kepada siswa maupun kepada relawan pegiat pendidikan," kata dia.
 
Dia mengatakan beberapa masjid di Indonesia memiliki kemampuan memasang WiFi gratis. Bahkan, sejumlah masjid menyediakan komputer dan stasiun pengisian daya ponsel (charging station) bagi anak usia belajar.
 
Natsir menyebut pandemi momentum mengajak remaja kembali aktif dan mencintai masjid. Salah satunya memberikan fasilitas pusat minat dan kebutuhan untuk belajar.
 
"Selama ini, kita melihat para pelajar diajak ramai-ramai berdoa pada saat menjelang ujian saja. Masjid harus kita fungsikan secara komprehensif sebagai tempat ibadah, tarbiyah, dakwah, serta kegiatan muamalah. Termasuk pemberdaya umat lainnya," terang dia.


(SBH)
TAGs: Masjid
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan