Akub London, Idealisme Merayakan Masakan Palestina

N Zaid - Wisata Kuliner 29/01/2023
Restoran Akub. Foto Arabnews
Restoran Akub. Foto Arabnews

Oase.id - Masakan Palestina memiliki hubungan sejarah dan akrab dengan tanah tersebut. Itu tercermin dalam berbagai tradisi kuliner yang ditemukan di seluruh wilayah tersebut.

Tapi seperti banyak makanan dari daerah tersebut, yang memiliki bahan, hidangan, dan gaya memasak yang sama, warisan kuliner Palestina yang kaya sering kali tersembunyi di bawah payung label "Timur Tengah", atau lebih buruk lagi, "Mediterania".

Di London, sebuah restoran baru yang dibuka pada hari Selasa menyoroti masakan Palestina – dengan sentuhan modern.

Akub adalah konsepsi dari Chef Fadi Kattan yang terkenal di dunia dan mitra bisnisnya Rasha Khouri, yang merayakan hidangan Palestina dengan memadukan resep tradisional dengan teknik kuliner kontemporer.

Semua produk segar, daging, dan ikan bersumber dari Inggris, membuktikan penekanan Akub dalam merayakan produk lokal dan menghormati perubahan musim. Nilai ini ditanamkan di Kattan oleh neneknya, yang kesehariannya memasak mengikuti pergeseran pasar Palestina.

“Pada pukul 07.00 pagi, bel pintu berbunyi dan akan ada seorang petani dari desa sebelah dengan hasil panennya untuk hari itu dijual,” kata Kattan kepada Arab News.

“Hal-hal telah berubah sedikit dan tentu saja ketika Anda berada di kota besar, petani tidak melakukan itu, tetapi kami mencoba untuk mempertahankan tempo tersebut dalam pengaturan restoran kami,” tambahnya.

Sementara rempah-rempah kering dan minyak zaitun diimpor oleh pemasok Palestina, khususnya pedagang adil Zaytoun.

Kattan berfokus pada menciptakan kembali rasa dengan tekstur yang berbeda atau menciptakan kembali tekstur dengan sentuhan pribadi pada rasa.

“Saya tidak akan pernah bersaing dengan resep nenek Palestina. Tapi saya pikir saya memiliki visi yang cukup untuk mengambil resep itu dan membuat sesuatu yang berbeda darinya, ”katanya.

embed

Ambil mansaf misalnya, yang dimakan dengan tangan dengan cara menyendok makanan dari piring besar. Di Akub, disajikan sesuap kecil, dengan nasi, daging, dan yogurt fermentasi yang dilumuri roti goreng tipis. Kerenyahannya memberi hidangan Badui struktur yang unik.

Shish barak, yang secara tradisional terdiri dari pangsit daging yang dimasak dengan saus yogurt, malah disajikan dengan tahini bit yang berwarna-warni.

Kattan, yang secara pribadi menyapa pelanggan di pintu pada hari pembukaan Akub, percaya bahwa seni keramahtamahan lebih dari sekadar apa yang ada di piring, tetapi melibatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan.

Restoran ini bertempat di gedung tiga lantai di Notting Hill dengan halaman dalam ruangan yang ditutupi atap kaca.

Interiornya terinspirasi oleh pemandangan dan aroma pemandangan Palestina, dengan pohon zaitun dan melati memenuhi ruangan dan skema warna yang berpusat pada warna hijau zaitun, merah muda tanah, oranye, dan pasir.

Peralatan makan tersebut disediakan oleh ahli keramik Palestina generasi ketiga, Nur Minawi.

Koki kepala Akub menghabiskan lima minggu di Bethlehem bersama Kattan, belajar langsung tentang teknik memasak tradisional, sedangkan anggota tim lainnya dipesan untuk pelatihan budaya selama dua hari.

Kattan berharap tamunya meninggalkan restorannya dengan citra positif Palestina.

“Anda dapat melakukan perjalanan bermil-mil melalui piring, cerita, rasa, atau bahkan bumbu,” katanya.

“Saya akan sangat senang jika bersantap di Akub menginspirasi seseorang untuk memesan liburan berikutnya ke Palestina atau memesan konser Palestina di London, jika itu adalah titik masuk mereka ke budaya tersebut,” tambahnya.


(ACF)