Mufti Besar Arab Saudi Terkait Pembakaran Alquran di Swedia: Memicu Perselisihan dan Melayani Ekstremisme

N Zaid - Alquran 22/01/2023
 Sheikh Abdulaziz bin Abdullah Al-Sheikh. Foto Ist
Sheikh Abdulaziz bin Abdullah Al-Sheikh. Foto Ist

Oase.id - Mufti Besar Arab Saudi pada hari Minggu mengutuk pembakaran Al-Qur'an oleh pengunjuk rasa sayap kanan di Stockholm, Swedia selama akhir pekan.

Sheikh Abdulaziz bin Abdullah Al-Sheikh menggambarkan insiden itu sebagai "tindakan yang tidak masuk akal dan memalukan" dalam sambutannya yang dibawa oleh Saudi Press Agency.

“Ini adalah tindakan provokatif terhadap satu setengah miliar Muslim di seluruh dunia. Itu memicu perselisihan dan melayani para pendukung ekstremisme,” kata Al-Sheikh.

Dia memuji pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Saudi yang mengutuk dan mencela otoritas Swedia karena mengizinkan pembakaran Alquran di luar Kedutaan Besar Turki di Stockholm.

Kementerian Luar Negeri Saudi menegaskan kembali posisi Kerajaan dalam “menyerukan pentingnya menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi dan koeksistensi, serta menolak kebencian dan ekstremisme,” kata SPA.

Banyak negara Muslim mengutuk pembakaran Alquran.

Maroko mengatakan "heran" bahwa pihak berwenang membiarkan insiden itu terjadi "di depan pasukan ketertiban Swedia."

Indonesia, Kuwait, dan UEA juga mengeluarkan pernyataan kecaman, seperti yang dilakukan Dewan Kerjasama Teluk dan Organisasi Kerjasama Islam.


(ACF)
TAGs: Alquran