10 Fakta Menarik tentang Unta

N Zaid - Hewan 25/08/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Unta adalah hewan yang ditemukan di Asia dan Afrika. Mereka sering tinggal di daerah gurun atau semi-gurun. Pengembara memelihara unta untuk diambil susu dan dagingnya yang mereka konsumsi untuk bertahan hidup. Unta juga membantu transportasi dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari padang rumput bagi komunitas penggembala. Berikut beberapa fakta menarik tentang unta dikutip dari worldatlas.

1. Mereka Bisa Berminggu-minggu Tanpa Minum Air
Kemampuan unta untuk tinggal selama berminggu-minggu tanpa harus minum air membuat mereka dijuluki "kapal gurun". Lebih khusus lagi, saat musim dingin, hewan gurun ini bisa bertahan hidup selama 6-7 bulan tanpa air. Meskipun demikian, setiap kali mereka mengakses air, mereka dapat minum sebanyak 32 galon dalam satu sesi minum!

2. Mereka Menyimpan Lemak Di Bagian Tubuh Mereka yang Dikenal Sebagai Punuk
Unta memiliki satu atau dua punuk yang terletak di punggungnya. Punuk ini ada untuk tujuan menyimpan lemak yang digunakan unta untuk makanan selama kelaparan. Kekurangan makanan dalam waktu lama memicu tubuh unta untuk memetabolisme lemak menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk keperluan nutrisi. Karena lemak ini digunakan oleh unta, punuknya mengempis dan terkulai sampai dapat diisi kembali dengan lebih banyak lemak.

3. Mereka Bisa Hidup Selama Sekitar 40 Tahun
Rentang hidup unta adalah 40 tahun. Yang muda terlahir berkulit putih. Namun, saat mereka terus tumbuh, mereka menumbuhkan kulit cokelat.

4. Punuk Bertindak Sebagai Pengatur Panas Untuk Unta
Selama suhu tinggi di gurun, asam lemak yang tersimpan di dalam punuk unta meminimalkan insulasi panas yang menyebabkan naiknya suhu tubuh menjadi sama dengan suhu lingkungan. Sebaliknya, pada malam hari kelebihan panas berpindah ke seluruh tubuh unta untuk memastikan suhunya tidak terlalu rendah dibandingkan dengan suhu lingkungan.

5. Susu Unta Termasuk Susu Tersehat Di Dunia
Sedikit rendah total lemak dan lemak jenuh dibandingkan dengan susu sapi. Ia juga memiliki jumlah zat besi dan vitamin C yang cukup. Ahli gizi menyatakan bahwa susu unta memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, merangsang sirkulasi darah, mencegah diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Ada Dua Jenis Unta: Dromedari dan Baktria
Unta Dromedaris hanya memiliki satu punuk sedangkan unta berpunuk ganda dikenal sebagai Baktria. Mayoritas unta di bumi adalah dromedari, yang juga disebut unta Arab. Unta Baktria selanjutnya dapat dibagi menjadi unta liar dan peliharaan.

7. Unta Memiliki Bibir Tebal
Bibir ini sangat penting dalam mencari makanan dan memakan tumbuh-tumbuhan seperti tanaman asin dan tanaman berduri. Seperti halnya sapi, unta adalah hewan ruminansia.

8. Unta Bisa Duduk Nyaman Di Pasir Panas
Unta memiliki lapisan kulit yang tebal yang memungkinkan mereka untuk duduk di atas pasir panas tanpa terbakar.

9. Masa Kehamilan Unta Adalah 14 Bulan
Unta menggendong anaknya selama 14 bulan sebelum melahirkan. Masa kehamilan ini 5 bulan lebih lama dari masa kehamilan manusia yang 9 bulan. Menariknya, unta yang baru lahir dapat berjalan di samping induknya dalam waktu setengah jam setelah kelahirannya.

10. Unta Relatif Cepat Pergerakannya
Unta dapat berlari secepat 65 kilometer per jam dan mempertahankan kecepatan berjalan 40 kilometer per jam. Kecepatan ini cukup cepat dibandingkan dengan kecepatan manusia 3,1 meter per jam dan kecepatan sapi 4,5 kilometer per jam.


(ACF)
TAGs: Hewan