4 Golongan Orang yang Tidak Tersentuh Api Neraka

Octri Amelia Suryani - Neraka Hukum Islam 20/09/2021
Gambar oleh Khusen Rustamov dari Pixabay
Gambar oleh Khusen Rustamov dari Pixabay

Oase.id - Neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali. Saking buruknya, membuat semua orang tidak ingin berada di dalamnya. Lantas, bagaimana agar kita terhindar dari api neraka?

Allah berfirman dalam QS. Al-Furqan ayat 66:

إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

Artinya: “Sesungguhnya neraka Jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.”

Panasnya api neraka tidak dapat dibandingkan dengan api yang sering kita temui di dunia. Perbandingan panas api neraka adalah 70x panas api di dunia. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadis:

نَارُكم هذِه ما يُوقدُ بنُو آدمَ جُزْءٌ واحدٌ من سبعين جزءاً من نار جهنَّم

Artinya: “Api yang dinyalakan oleh Ibnu Adam adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api Jahanam.” (HR. Bukhari)

Perihnya siksaan di neraka membuat siapa pun ketakutan. Bahkan tidak sedikit juga yang selalu minta perlindungan kepada Allah SWT karena takut yang sangat luar biasa. Namun, di balik itu semua, ada juga golongan manusia yang tidak akan tersentuh api neraka.

Menurut hadis Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam, ada 4 golongan manusia yang haram disentuh oleh api neraka. Berikut hadisnya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ:  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟, قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ: ” كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ قَرِيبٍ سَهْلٍ“

Artinya: Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata: telah bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: “Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya?" Para sahabat menjawab: "tentu saja wahai Rasulallah!" Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi)

Golongan orang yang tidak tersentuh api neraka:

1. Hayyin

Hayyin adalah golongan pertama yang haram disentuh api neraka. Hayyin adalah orang yang tidak suka memaki dan tidak mudah melaknat. Mereka juga tidak mudah marah dan jiwanya selalu teduh. Baik secara lahir maupun batin. Selain tidak mudah marah, orang Hayyin juga penuh pertimbangan.

Golongan Hayyin punya sifat tenang dan berwibawa. Selain tidak labil juga tidak mudah tersulut emosinya. Hal ini tentunya disebabkan oleh kedalaman ilmu agamanya.

Sifat lain dari Hayyin, di antaranya tidak grasa-grusu, tidak mudah menyimpulkan berita yang sampai kepada dirinya, dan sulit untuk menerima berita buruk atau tidak mudah percaya fitnah.

Kelak, orang yang memiliki sifat seperti ini jasadnya tidak akan tersentuh oleh api neraka.

2. Layyin

Golongan kedua yang haram disentuh api neraka adalah golongan Layyin. Layyin adalah orang yang selalu menginginkan kebaikan antar sesama umat manusia. Adapun sifat golongan Layyin adalah selalu lembut dan santun baik dalam berbuat maupun dalam bertutur kata.

Manusia yang termasuk golongan Layyin pastinya tidak kasar dan tidak semaunya sendiri. Segalanya akan tertata dengan baik. Selain itu, ciri khas dari Layyin adalah tidak suka memaksakan pendapatnya sendiri ke orang lain.

3. Qarib

Sahabat karib pastinya istilah yang tidak asing di telinga kita. Kata karib dalam bahasa Indonesia memang diserap dari kata Qarib dalam bahasa Arab. Qarib di sini mempunyai pengertian yang sama seperti bahasa Indonesia, yaitu orang yang akrab, ramah diajak bicara, dan punya pribadi yang menyenangkan bagi semua orang.

Golongan manusia Qarib senantiasa menebar senyum jika bertemu dengan orang lain. Sisi baiknya juga, tidak lupa selalu memberi salam.

Sangat mudah diajak berteman, dan suka menyambung tali silaturahmi serta ukhuwah sesama umat muslim. Orang yang senantiasa ramah dan menebar senyum hangat inilah yang mengharamkan api neraka untuk menyentuh jasadnya.

4. Sahl

Terakhir, golongan manusia Sahl. Yaitu, orang yang tidak suka mempersulit sesuatu, suka menolong, dan selalu punya solusi di setiap permasalahan yang dihadapi. Tipe orang seperti ini sangat cocok untuk dijadikan teladan abdi negara. Sebab, suka bekerja untuk melayani masyarakat.

Orang Shal juga termasuk orang yang baik hati. Dia selalu memudahkan urusan setiap muslim dengan cara yang benar. Bahkan, tidak pernah mempersulit urusan orang lain. Karena tidak suka berbelit-belit, maka tidak membuat orang lain menghindar ketika bertemu dengannya.

Keempat golongan manusia yang haram disentuh neraka di atas bisa dijadikan contoh bahwa rahmat Allah sangat besar. Sehingga orang-orang dengan sifat tersebut memungkinkan bisa terhindar dari api neraka.

Jika merasa kesulitan untuk mencontoh keempatnya, setidaknya bisa mencontoh salah satu dari 4 golongan manusia ini. Jangan lupa, tetap istiqomah di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


(ACF)