Naudzubillah Min Dzalik! Ini Siksaan Paling Ringan Bagi Penghuni Neraka

Octri Amelia Suryani - Neraka 29/08/2021
Gambar oleh Khusen Rustamov dari Pixabay
Gambar oleh Khusen Rustamov dari Pixabay

Oase.id - Neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah SWT bagi umatnya yang senantiasa berbuat dosa. Mereka yang memiliki amalan buruk lebih berat dari kebaikannya, maka akan ditempatkan di neraka. Sama halnya dengan surga, neraka juga memiliki 7 tingkatan.

Allah SWT telah menjelaskan gambaran siksaan yang ada di neraka. Berbagai macam siksaan yang diberikan kepada penghuni neraka. Dari siksaan yang paling berat, hingga yang paling ringan. Nah, kali ini Oase.id akan membahas soal siksaan yang paling ringan.

Ada beberapa hadis yang menceritakan bahwa siksaan yang paling ringan untuk penghuni neraka yaitu memakai sandal yang keduanya dapat mendidihkan otak. Berikut, beberapa hadis yang mendukung soal siksaan paling ringan di neraka.

Abu Said Al-Khudri r.a. telah meriwayatkan suatu hadis sebagai berikut:

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَنْتَعِلُ بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ ، يَغْلِي دِمَاغُهُ مِنْ حَرَارَةِ نَعْلَيْهِ. رواه مسلم.

Artinya: Rasulullah ﷺ bersabda, “Sungguh siksaan yang paling ringan bagi penduduk neraka adalah ia memakai sandal dari api yang dapat mendidihkan otaknya karena panasnya kedua sandalnya.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain Rasulullah ﷺ juga bersabda, yang berbunyi:

أَهْوَنُ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا أَبُو طَالِبٍ ، وَهُوَ مُنْتَعِلٌ بِنَعْلَيْنِ يَغْلِي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ. رواه مسلم.

Artinya: “Penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah Abu Thalib. Ia memakai sandal yang keduanya dapat mendidihkan otaknya.” (HR. Muslim).

Sahabat Nu’man bin Basyir pun ketika suatu saat menyampaikan khutbahnya, ia mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

إِنَّ أَهْوَنَ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَرَجُلٌ تُوضَعُ فِي أَخْمَصِ قَدَمَيْهِ جَمْرَتَانِ ، يَغْلِي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ. رواه مسلم.

Artinya: “Sungguh siksa yang paling ringan bagi penduduk neraka di hari kiamat adalah seseorang yang diletakkan di ujung kedua tumitnya dua bara api yang dapat mendidihkan otaknya.” (HR. Muslim).

Selain itu, Nu’man bin Basyir juga meriwayatkan hadis lain,

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أَهْوَنَ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا مَنْ لَهُ نَعْلاَنِ وَشِرَاكَانِ مِنْ نَارٍ يَغْلِي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ كَمَا يَغْلِ الْمِرْجَلُ مَا يَرَى أَنَّ أَحَدًا أَشَدُّ مِنْهُ عَذَابًا وَإِنَّهُ لأَهْوَنُهُمْ عَذَابًا. رواه مسلم.

Artinya: Rasulullah ﷺ bersabda, “Sungguh siksa yang paling ringan bagi penduduk neraka adalah ia kenakan sepasang sandal dan keduanya terbuat dari api yang dapat mendidihkan otaknya seperti tungku api yang bisa mendidihkan. Orang lain terlihat siksanya lebih berat dari padanya, dan sungguh ia mendapatkan siksaan yang paling ringan.” (HR. Muslim)


(ACF)
TAGs: Neraka