Bilal Ibn Rabah, Bukti Islam Menjunjung Kesetaraan Manusia

N Zaid - Sirah Nabawiyah Bilal Ibn Rabah 28/01/2023
ilustrasi Bilal Ibn Rabah. Foto Ist
ilustrasi Bilal Ibn Rabah. Foto Ist

Oase.id - Bilal ibn Rabah adalah salah satu nama paling terkenal dalam sejarah Islam. Seorang budak Negro yang berasal dari Habasha (Ethiopia), Bilal adalah kisah nyata tentang penghormatan Islam terhadap kesetaraan manusia, anti-rasisme, dan keadilan sosial.

Lahir pada tahun 680M di Makkah, dari orang tua budaknya — Rabah dan Hamamah — Bilal juga menjadi budak seorang wanita yang dekat dengan Umayyah ibn Khalaf, musuh bebuyutan Islam.

Ketika Umayyah mendengar tentang Bilal masuk Islam, dia menyiksanya dan memaksanya untuk melepaskan keyakinan barunya. Tapi dipenuhi dengan cinta Nabi Muhammad ﷺ dan Islam, Bilal tetap teguh dalam imannya meskipun mengalami siksaan yang ekstrim dan terus mengatakan "Ahad, Ahad." (Allah itu Esa, Allah itu Esa).

Ketika Nabi ﷺ mengetahui tentang kesengsaraannya, dia mengirim Abu Bakar, yang membelinya dari penindas dan membebaskannya. Kebebasan adalah hadiah pertama Islam untuk Bilal. Khalifah kedua Umar ibn Khattab menghormatinya dengan memanggilnya sebagai Sayyedna (pemimpin kami).

Bilal menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad ﷺ yang paling tepercaya dan setia. Dia adalah salah satu dari sedikit orang pertama yang memeluk Islam.

Bilal bermigrasi dengan Nabi ﷺ ke Madinah dan berpartisipasi dalam pertempuran besar termasuk Badar, Uhud, Khandaq dan lain-lain. Dalam perang Badar, dia membunuh musuh bebuyutan Islam — dan mantan penguasa tirannya sendiri — Umayyah.

Nabi Muhammad ﷺ adalah orang pertama yang menyatakan kesetaraan di antara manusia dalam catatan sejarah dunia 1.400 tahun yang lalu. Di hadapan lebih dari 120.000 sahabat selama haji, dia menyatakan: Wahai manusia! Tuhanmu adalah satu Tuhan, dan kalian semua berbagi ayah yang sama (Adam). Memang, tidak ada keunggulan orang Arab atas non-Arab atau non-Arab atas orang Arab; atau putih di atas hitam; atau hitam di atas putih, kecuali dengan takwa (kebenaran).

Nabi ﷺ memilih Bilal menjadi salah satu sahabatnya yang terhormat. Naiknya Bilal ke posisi menonjol dalam Islam adalah bukti pentingnya pluralisme dan persamaan ras dalam Islam.

Suatu ketika Abdullah bin Ziyad meriwayatkan bahwa dia bermimpi menasihatinya tentang metode dan kata-kata Adzan (panggilan untuk sholat), Nabi ﷺ menyukainya dan Bilal diutus untuk mengumandangkan Adzan pertama di Madinah dengan kata-kata tersebut. Ketika Umar mendengar Azaan, dia bergegas ke Nabi ﷺ dan mengatakan kepadanya bahwa dia juga telah bermimpi Azan dengan kata-kata yang sama. Dan dengan demikian Adzan didirikan melalui Bilal. Nabi ﷺ mengangkatnya sebagai Muazzine Rasool (Panggilan untuk sholat atas nama Nabi). Sebagai orang Afrika pertama yang memeluk Islam, Muslim Afrika masih merasa bangga atas kehormatan yang diberikan kepada seorang Afrika.

Kehormatan besar lainnya datang ke Bilal setelah Penaklukan Makkah pada 8 H. Ketika kota menyerah dan semua bangsawan dari Muslim dan non-Muslim berdiri di halaman, Nabi ﷺ meminta Bilal untuk memanjat atap Ka'bah dan mengumandangkan adzan dari atasnya. Ini adalah adzan pertama yang dikumandangkan di Makkah Mukarramah.

Begitulah pengabdian Bilal pada Islam dan kesalehan sehingga ia naik ke pencapaian spiritual yang begitu tinggi. Suatu kali Nabi ﷺ berkata, "Wahai Bilal, perbuatan istimewa apa yang telah Anda lakukan sehingga saya mendengar suara langkah kaki Anda di depan saya di Surga." Bilal berkata, “Setiap kali saya berwudhu, saya mempersembahkan dua rakaat shalat sebagai Tahayyatul Wudu.” 

Bilal berada di antara Ashab Al-Suffa. Istilah, Ashab Al-Suffa, adalah nama umum yang diberikan kepada para sahabat yang tinggal di punjung, atau beranda, di samping masjid Nabi ﷺ di Madinah setelah hijrah dan belajar ilmu agama di sana.

Karena Bilal mendapat kehormatan berada di antara Suffa, dia mengumpulkan banyak Hadits (perkataan) Nabi Suci ﷺ. Sekitar 20 ulama membentuk bagian dari Ashab Al-Suffa yang meliputi Osama bin Zaid, Bara bin Azeb dan Abdullah bin Omar.

Ketika Raja Najashi dari Habasha mengirim tiga tombak sebagai hadiah kepada Nabi Suci ﷺ, dia memberikan masing-masing kepada Omar, Ali dan Bilal, yang menggunakan tombak untuk memperbaiki arah sholat.

Setelah Nabi ﷺ meninggal, Bilal merasa sulit untuk menghabiskan waktu di Madinah tanpa Nabi tercinta ﷺ. Dia kemudian meminta Khalifah Abu Bakar untuk mengizinkannya pergi ke Suriah untuk jihad. Dan di sana dia menghabiskan sisa hidupnya. Dia membuat adzan hanya dua kali sejak itu. Yang pertama saat Khalifah Umar bin Khattab datang ke Syria dan yang kedua saat mengunjungi makam Nabi ﷺ di Madinah. Mendengar suaranya, orang-orang mulai menangis, karena itu mengingatkan mereka pada zaman Nabi ﷺ.

Bilal meninggalkan Madinah menuju Suriah (kemudian Syam) dan tinggal di sana. Ketika Khalifah Omar mengunjungi Bait Al-Maqdis (Yerusalem), dia meminta Bilal untuk mengumandangkan Adzan. Dan ketika dia memanggil Adzan, para sahabat menangis dengan sedih mengingat masa lalu. Dikatakan bahwa Khalifah Umar menangis dan menangis seperti dia tidak pernah menangis sebelumnya.

Ketika Bilal berada di Suriah, dia melihat Nabi ﷺ dalam mimpi, berkata, "Wahai Bilal, apa itu, kamu tidak mengunjungiku." Bilal khawatir; dia bergegas ke Madinah dan menyampaikan upeti dan salam di makam Nabi Suci ﷺ sambil menangis dan menggosok wajahnya dengan kuburan.

Ketika dia melihat Hassan dan Husain, cucu Nabi, dia bergegas memeluk mereka. Atas permintaan mereka, Bilal mengucapkan Adzan dengan suara bergetar dan mata berkaca-kaca. Mendengar adzan Bilal, orang-orang bergegas ke Masjid Nabawi. Ini adzan terakhirnya di Madinah.

Bilal menghabiskan hari-hari terakhirnya di Suriah. Dia meninggal pada 18 H pada usia 64 tahun, dan dimakamkan di Bab-Al Sagheer dekat Jama Umavi di Damaskus. Dia melayani Nabi Muhammad ﷺ selama 25 tahun.

Islam mengangkatnya ke status, yang salah satu orang kuat seperti Omar bin Khattab memanggilnya sebagai, Saiyydana (pemimpin kami).

Saat di ranjang kematian, istrinya Hind menangis, 'wa hazanaa' (sungguh kesedihan yang luar biasa), yang dijawab Bilal, 'Wa Tarabaa' (betapa gembiranya); "Besok saya akan bertemu dengan orang yang saya cintai - Muhammad ﷺ dan teman-temannya," katanya kepada istrinya.


(ACF)