3 Jenis Jin, Salah Satunya Berwujud Ular

Octri Amelia Suryani - Wujud Jin Doa Mengusir Setan dan Jin 09/09/2022
Jin berwujud Ular (Foto: TheDigitalArtist/Pixabay)
Jin berwujud Ular (Foto: TheDigitalArtist/Pixabay)

Oase.id - Jin merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang dahulunya dapat menduduki beberapa tempat di langit dan mendengar berita-berita dari Allah. Sejak diutusnya Nabi Muhammad ﷺ, bangsa jin tidak lagi dapat mendengarkan berita-berita tersebut karena ada barisan yang menjaga rahasia itu.

Keberadaan jin tidak dapat dilihat oleh mata manusia, kecuali yang memiliki keistimewaan tertentu. Penciptaan jin berasal dari api yang panas dan menyala. Seperti yang disebutkan dalam salah satu firman Allah QS. Al-Hijr ayat 27:

وَالْجَاۤنَّ خَلَقْنٰهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَّارِ السَّمُوْمِ

Artinya: Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. 

Seperti layaknya manusia, jin diciptakan juga diperintahkan untuk menyembah Allah. Ini juga dijelaskan dalam QS. Az-Zariyat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya: Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Tidak sedikit juga orang-orang yang ketika mendengar kata “jin” imajinasinya berpikir kepada hal-hal yang menakutkan. Padahal tidak semua jin menakutkan dan tidak semua jin itu jahat.

Allah berfirman dalam QS. Al-Jin ayat 11:

وَأَنَّا مِنَّا ٱلصَّٰلِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَٰلِكَ ۖ كُنَّا طَرَآئِقَ قِدَدًا

Artinya: Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

Dan berdasarkan wujudnya, jin dibagi menjadi 3 jenis, yang dapat menjadikan jin tersebut muncul dengan berbagai bentuk. 

Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ:

"Jin itu ada tiga jenis, yaitu: (1) jin yang memiliki sayap dan terbang di udara, (2) jin yang berwujud ular dan kalajengking, dan (3) jin yang menetap dan berpindah-pindah." (HR at-Thabrani)

Berdasarkan hadis tersebut, terdapat 3 jenis jin, di antaranya:

1. Jin Bersayap

Ada jenis jin bersayap dan dapat terbang di udara seperti angin. Jin ini mayoritas mendatangi dan mengganggu orang yang belajar ilmu kanuragan, kesaktian, ilmu kekebalan, tenaga dalam, dan yang belajar ilmu thoriqot, tasawuf, para dukun, paranormal, tukang sihir dan sebagainya.

2. Jin Berwujud Ular

Dalam Sunan Abu Dawud diriwayatkan Abu Sa’id al-Khudri berkata:

"Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Beberapa ular adalah jin; maka bila ada orang yang melihat salah seorang dari mereka di rumahnya, hendaknya ia memberi peringatan tiga kali. Jika kembali (setelah itu), dia harus membunuhnya, karena itu adalah setan."

3. Jin berwujud anjing hitam

Berdasarkan dari berbagai sumber, jin dapat berubah bentuk menjadi apa pun, termasuk anjing hitam. Dalam riwayat Abu Qilabah dari Nabi shollallohu 'alaihi wasallam, bersabda: "Sekiranya anjing itu bukan satu umat niscaya aku memerintahkan pembunuhannya, tetapi aku takut memusnahkan satu umat. Karena itu bunuhlah setiap binatang hitam (anjing hitam) di antaranya sebab dia adalah jinnya atau dari jinnya." (HR. Muslim)


(ACF)