Bisakah Manusia Masuk ke Alam Jin?

N Zaid - Wujud Jin 12/03/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Cerita horror berdasarkan kisah nyata menjadi suguhan yang digandrungi masyarakat Indonesia. Sejumlah Youtuber pun berlomba-lomba menghadirkan narasumber untuk mengisahkan pengalaman mereka yang dikait-kaitkan dengan peristiwa gaib. 

Konten tentang cerita misteri dalam pendakian adalah salah satu genre horor yang banyak penggemarnya. Umumnya kisah yang diceritakan adalah peristiwa pendaki yang tersesat, pencarian orang hilang, dan peristiwa gaib lain yang dialami dalam pendakian. 

Salah satu peristiwa yang kerap dituturkan narasumber adalah peristiwa gaib pindah ke alam lain. Seperti yang diceritakan seorang narasumber, di sebuah podcast bahwa temannya yang sempat hilang bercerita, awalnya ketika turun dari puncak gunung ia merasa waktu tiba-tiba berubah menjadi malam. Dan lingkungan pun berubah dari pegunungan menjadi lapangan rumput yang sangat luas.

Narasumber lain mengatakan pernah merasa seperti dibawa ke kampung gaib, namun akhirnya bisa keluar dari sana karena menolak untuk dinikahkan dengan salah satu penghuni alam gaib itu. 

Pertanyaannya kemudian, apakah fenomena ini nyata atau khayalan? Bisakah manusia masuk ke alam jin?

Ustaz Muhammad Faizar saat menjadi narasumber di podcastnya channel Youtube RJL 5 sempat dilontarkan pertanyaan serupa oleh host podcast tersebut, Fajar Aditya.

Sang Ustaz pun memberi penjelasan. Bahwa hal semacam itu bisa saja terjadi. Ia bersandar pada riwayat di zaman khalifah Umar bin Khatab, di mana pernah terjadi seorang pria dari kalangan Anshar diculik bangsa Jin. 

Menurut Ustaz, diriwayatkan ada seorang laki-laki dari kalangan Anshor pergi dari rumah untuk salat Isya, dan ternyata tidak kunjung kembali ke rumahnya. 

Sang Istri pun mengaku kepada Amirul Mukminin Umar Bin Khatab tentang suaminya yang tak kunjung pulang itu. Umar mengatakan agar perempuan itu menunggu suaminya. Namun ternyata hingga empat tahun, pria itu tidak kembali. 

Akhirnya wanita itu menceraikan suaminya dan setelah masa idah selesai, ia menikah lagi dengan laki-laki lain.

Ternyata setelah empat tahun menghilang, pria itu kembali ke rumah. Namun, ia kaget karena istrinya telah menikah lagi. Ia pun datang kepada Umar dan mengadukan permasalahannya. 

Umar pun marah. Ia bertanya kepada laki-laki itu mengapa ia pergi begitu lama meninggalkan istrinya, lalu kembali meminta hak. 

Pria itu kemudian bercerita bahwa ia disandera oleh bangsa jin kafir. Ia bisa bebas karena terjadi invasi oleh jin Muslim ke kelompok jin kafir tersebut. Dan jin Muslim heran melihat ada manusia. Mereka pun bertanya tentang asal usulnya. 

Pria itu pun bercerita bahwa ia telah diculik jin kafir. Dan ia mengaku berasal dari Madinah. Ia pun akhirnya dibebaskan oleh jin Muslim dan bisa kembali ke alam manusia. Pria itu mengaku tidak tahu jika sudah empat tahun meninggalkan rumah. Sebab, ia merasa baru sehari-dua hari saja di alam jin itu.

Akhirnya Umar bin Khatab mempercayai cerita pria tersebut. Ia pun memberinya pilihan kembali ke istrinya atau meminta pengembalian mahar. "Tidak dijelaskan bagaimana selanjutnya tetapi yang jelas dari sini kita bisa tahu bahwa manusia memang bisa masuk ke alam mereka," kata Ustaz Faizar. 

Ustaz pun menambahkan tentang hadits lain yang mengandung peringatan tentang waktu malam yang tiba agar kita terhindar dari jin yang jahat. 

“Apabila datang gelap malam (sore hari), maka halangilah anak-anakmu dari keluar rumah karena setan ketika itu berkeliaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam (waktu Isya), maka lepaskanlah mereka lagi. Hendaklah kalian menutup pintu dan berdzikir kepada Allah karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.” (HR. Bukhari, no. 3304 dan Muslim, no. 2012)


(ACF)
TAGs: Wujud Jin