Jangan Tinggalkan Salat Subuh, Ini Keutamaannya

Octri Amelia Suryani - Salat Salat Subuh Al-Quran 04/09/2021
Photo by Ahmed Aqtai from Pexels
Photo by Ahmed Aqtai from Pexels

Oase.id - Salat subuh hukumnya wajib bagi umat muslim. Tapi tidak sedikit juga orang-orang yang melalaikannya. Karena saat waktu subuh datang, orang tengah tertidur pulas atau malas untuk bangun dan menunaikannya meski hanya dua rakaat.

Secara bahasa, subuh memiliki makna cerah dan terang. Karena nama lain dari salat subuh adalah salatul fajar, salat attaghlis, dan salatul isfar.

Dalam Al-Quran, banyak sekali dijelaskan perihal manfaat yang akan didapat bagi orang-orang yang dapat melaksanakan salat subuh. Dan ini termasuk janji Allah yang mustahil untuk diingkari-Nya.

Berikut keutamaan salat subuh yang sangat dahsyat jika seorang muslim menunaikannya:

1. Dilapangkan Rezekinya
Meskipun salat subuh hanya 2 rakaat, tapi Allah memberikan balasan yang besar untuk umat-Nya yang melaksanakan. Seperti keutamaan salat subuh yang pertama, Allah akan membagi-bagikan rezeki-Nya di waktu subuh. Hal ini dijelaskan dalam hadis Rasulullah ﷺ, yang memiliki arti:

"Selepas salat subuh, Nabi ﷺ mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkan dan mengungkapkan: Hai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezeki Robbmu, karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara salat subuh dan terbitnya matahari." (HR Al-Mundziri)

2. Dilindungi oleh Allah SWT
Selanjutnya, Allah akan memberi perlindungan terhadap mereka yang melaksanakannya. Seperti janji Allah, Dia akan menjamin perlindungan. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ yang berbunyi:

مَن صلَّى الصبح، فهو في ذمة الله، فلا يَطلُبَنَّكم الله من ذمَّته بشيء؛ فإن من يطلُبهُ من ذمته بشيء يدركه، ثم يَكُبه على وجهه في نار جهنم

Artinya: “Barang siapa yang melaksanakan salat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim)

3. Mendapatkan Pahala Salat Semalam Suntuk
Dengan melaksanakan salat subuh saja, kita akan mendapatkan banyak manfaatnya. Terlebih lagi jika salat tersebut dilakukan dengan berjamaah, disebutkan dalam sabda Rasulullah yang memiliki arti:

Rasulullah ﷺ bersabda, "Barang siapa yang melaksanakan salat Isya secara berjamaah, maka ia seperti Salat malam separuh malam. Dan barang siapa melaksanakan salat subuh secara berjamaah, maka ia seperti salat malam satu malam penuh." (HR. Muslim)

4. Salah Satu Penyebab Masuk Surga
Terakhir adalah, salat subuh seseorang menjadi salah satu pertimbangan untuk masuk surga. Salat subuh sama halnya dengan salat ashar yang terletak pada waktu yang sempit untuk melaksanakannya. Karena pada waktu subuh orang-orang sedang tidur, sedangkan waktu ashar orang-orang masih sibuk kerja atau sudah letih dengan aktivitas seharian.

Oleh karena itu, Allah memberikan jaminan yang besar untuk mereka yang melaksanakan kedua salat ini. Seperti dalam sebuah hadis yang berbunyi:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Artinya: “Siapa yang salat di dua waktu barad, maka akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu ditambah dalam riwayat ad-Darimi:

قِيلَ لأَبِى مُحَمَّدٍ : مَا الْبَرْدَيْنِ؟ قَالَ : الْغَدَاةُ وَالْعَصْر

Abu Muhammad ditanya, “Apa yang dimaksud dua waktu barad?”
Jawab beliau: “Subuh dan Ashar.” (Sunan ad-Darimi, 4/291).

Demikianlah keutamaan-keutamaan yang akan didapat seseorang apabila melaksanakan salat subuh. Semoga senantiasa diberi kemudahan untuk menunaikannya.


(ACF)