Sempatkan Minum Air Hangat, Ini 5 Manfaatnya bagi Kesehatan 

Phooby Kamaratih - Kesehatan 09/05/2020
Photo by Tim Arterbury on Unsplash
Photo by Tim Arterbury on Unsplash

Oase.id– Meminum air hangat dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Tidak cuma itu, ia juga bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan stamina dalam badan.

Berikut ini adalah 5 manfaat air hangat bagi kesehatan tubuh;

 

Meningkatkan pencernaan

Dilansir dari Stylecraze.com, meminum air hangat bisa mengaktifkan saluran pencernaan dengan baik dan meningkatkan proses pembuangan. Air hangat juga mampu membantu menghilangkan partikel-partikel merugikan yang membuat sistem pencernaan terganggu.

Nutrisi Medicin, Thais Tisatto menjelaskan bahwa dengan meminum air hangat juga bisa memperlebar pembuluh darah dan mengarahkan aliran darah menuju ke usus dalam rangka meningkatkan sistem pencernaan.

Baca: 4 Kiat Menghilangkan Problem Susah Tidur

 

Meredakan hidung tersumbat

Mengonsumsi air hangat bisa juga bisa berfungsi untuk meredakan sakit kepala akibat sinus. Air hangat akan melonggarkan sinus yang tersumbat, juga mampu meredakan rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

"Air hangat memiliki keunggulan untuk mengelola cairan pada saluran pernapasan dan mengobati infeksi,” kata Thais. 

 

Dalam posisi ini, air hangat bisa menjadi pilihan untuk meredakan gejala pilek dan flu.

 

Meringankan stres

Mengonsumsi air hangat akan meningkatkan fungsi dari sistem saraf pusat yang juga membantu mengurangi stres.

Thais Tisatto menjelaskan, dengan mencampurkan susu dan air hangat memang bisa menjadi pilihan dalam menghilangkan stres. Akan tetapi, tambahan susu itu sebenarnya tidak terlalu dianjurkan terlalu banyak karena bisa mengganggu kerja hidung.

 

Membantu mengeluarkan racun

Meminum air panas akan meningkatkan suhu tubuh internal kamu. Meskipun sementara, hal ini mampu mengaktifkan sistem endokrin tubuh dan kamu akan mulai berkeringat. 

Proses tersebut, sebenarnya merupakan bagian dari tahap pembersihan racun dari dalam tubuh. 

“Penyebab penuaan dini adalah penumpukan racun dalam tubuh oleh karena itu air hangat akan membantu mempercepat proses untuk pembersihan racun dalam tubuh," jelas Thais.

Baca: Kiat Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lembab saat Berpuasa

 

Redakan nyeri

Banyak orang menggunakan tempat yang diisi dengan air hangat untuk menghilang rasa sakit. Air hangat akan meningkatkan sirkulasi aliran yang akan meredakan rasa sakit di dalam tubuh.

“Tetapi, jangan gunakan air hangat di area pembengkakan yang justru akan memperparah kondisi luka tersebut,” jelas dia.


(SBH)
TAGs: Kesehatan